Destinasinya potensial menggoda pasar wisman ASEAN
Batam (ANTARA) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membidik wisatawan asal Filipina mengunjungi Kota Batam, Kepulauan Riau, dengan mengajak 10 agen perjalanan wisata negara setempat mengunjungi kota kepulauan itu.

"Kemenpar mengundang 10 agen perjalanan wisata Filipina ke Batam dalam famtrip," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Kepulauan Riau, Minggu.

Menurut dia, familiarization trip (famtrip) adalah jurus jitu untuk menjaring kedatangan wisatawan mancanegara (wisman). Karena melalui program itu, petugas perjalanan diajak mengunjungi berbagai potensi wisata yang ada di Batam.

Dari famtrip, lanjut dia, maka diharapkan agen perjalanan dapat ikut mempromosikan potensi Batam kepada pelanggannya, setelah merasakan asyiknya berlibur di Batam.

Ardiwinata mengatakan Batam memiliki banyak destinasi wisata berstandar dunia yang bisa menjadi daya tarik wisman untuk datang. Apalagi, lokasinya strategis, berdekatan dengan Singapura, sehingga pelancong bisa melanjutkan perjalanan setelah mengunjungi "Negara Singa" itu.

"Destinasinya potensial menggoda pasar wisman ASEAN," kata Ardiwinata.

Di Batam, agen perjalanan diajak mengunjungi berbagai tujuan wisata, di antaranya Infinite Framework Studio, tempat pembuatan berbagai serial TV animasi yang memenangkan penghargaan skala internasional.

Kemudian, mereka juga diajak untuk menikmati keindahan bawah laut di Kepri Coral dan memanjakan tubuh dengan spa di salon, sebagai bagian dari program hot deals yang ditawarkan pemerintah bekerja sama dengan pelaku industri pariwisata setempat.

Sementara itu, dalam siaran pers, Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai famtrip menjadi momentum untuk membuktikan kepada masyarakat Filipina mengenai potensi wisata di kota kepulauan itu.

Melalui agen perjalanan, maka akan tersaji gambaran lengkap yang bisa dijadikan pedoman dalam merayu pasar wisatawan Filipina.

"Kita akan terus membangun industri pariwisata dan menjadikan negara-negara Asia, khususnya Asia Tenggara sebagai salah satu pasar utama wisatawan ke Indonesia. Apalagi kedekatan teritori menjadi keuntungan tersendiri. Para wisatawan Filipina tidak direpotkan dengan penerbangan yang lama," tuturnya.

Dalam famtrip kali ini, pemerintah ingin mempertontonkan Wonderful Indonesia! yang terdiri dari destinasi unggulan wisata bahari, panorama laut, pantai, berselancar, budaya yang penuh dengan seni tradisional, kesenian unik, serta berbagai cerita masyarakatnya yang ramah tamah.

Baca juga: Permudah wisatawan, bakal dibuat jalur antar-pantai selatan Yogyakarta

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019