Ainun: perguruan tinggi tingkatkan publikasi, hki dan inovasi

id Ainun naim

Sekjen Kemenristekdikti Ainun Naim saat memberikan sambutan dalam acara Riset Pro di Jakarta, Kamis. (Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ainun Na'im mengatakan perguruan tinggi harus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan hak kekayaan intelektual, publikasi dan inovasi.

Menurut Ainun, perguruan tinggi di Indonesia harus mencapai visinya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Dalam skema itu pendidikan tinggi kita harus meningkatkan kinerjanya di bidang pengembangan Iptek, berupa publikasi di top journal, meningkatkan HKI dan inovasi, juga 'impact'-nya kepada masyarakat dab industri," kata Ainun saat dihubungi Antara di Jakata, Minggu.

Baca juga: Presiden: perguruan tinggi wajib fasilitasi pengembangan inovasi

Upaya itu perlu dilakukan untuk membawa universitas-universitas di Indonesia meningkat peringkatnya dalam "world class university".

Di sisi lain, lanjut Ainun, perlu meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan vokasional yang relevan dengan industri dan kebutuhan nasyarakat.

Dia berharap perguruan-perguruan tinggi di Indonesia akan semakin mengembangkan kapasitas dan kualitas untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia.

Baca juga: Perguruan tinggi didorong kembangkan inovasi unggulan daerah

Dia juga berharap akan ada banyak inovasi dan teknologi yang bertaraf nasional dan internasional yang diciptakan oleh perguruan tinggi.

Hasil-hasil inovasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia, dan segala produk inovasi diharapkan menjawab tantangan kebutuhan bangsa dan dunia.
Baca juga: Menteri Nasir : perguruan tinggi harus terus berinovasi

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar