Kemenristekdikti tetapkan STIE Muhammadiyah Jambi jadi universitas

id unmuh, jambi, stie muhammadiyah

Logo Universitas Muhammadiyah Jambi. (FOTO ANTARA/istimewa/)

Jambi (ANTARA) - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Jambi kini resmi berubah status menjadi Universitas Muhammadiyah Jambi yang ditetapkan melalui surat keputusan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

"Saat ini SK perubahan bentuk sekolah tinggi menjadi universitas untuk STIE Muhammadiyah Jambi telah terbit yaitu SK Nomor 457/KPT/1/2019 tertanggal 17 Juni 2019," kata Ketua STIE Muhammadiyah Jambi Nurdin di Jambi, Selasa.

Ia menyebutkan, tahapan berikutnya tinggal menunggu penyerahan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah 10 yang dilanjutkan serah terima akun baru untuk migrasi data dari STIE Muhammadiyah Jambi ke Universitas Muhammadiyah Jambi.

Nurdin menjelaskan, dengan melihat perkembangan akan kebutuhan pendidikan tinggi dan ruang gerak perguruan tinggi, maka STIE Muhammadiyah Jambi melalui SK Panitia Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi menjadi Universitas yaitu nomor 078/KEP/II.3/BPH-STIEM/D/2018 tertanggal 8 November 2019.

Panitia STIE Muhammadiyah Jambi langsung bergerak cepat untuk melakukan kegiatan perubahan bentuk sekolah tinggi menjadi universitas apalagi ditopang dengan Permenristekdikti nomor 51/2018 yang mensyaratkan pendirian universitas bisa dilakukan dengan lima program studi (prodi).

Saat ini STIE Muhammadiyah Jambi mempunyai dua prodi sehingga perlu mempunyai peluang untuk mengembangkan prodi lainnya. Rencananya ada penambahan tiga program studi yaitu Program studi Kehutanan (S1), Program Studi Sistem Informasi (S1) dan Program Studi Informatika (S1).

"Diharapkan nanti ada 'launching' Universitas Muhammadiyah Jambi setelah SK kami terima. Saat ini dalam menunjang perubahan menjadi universitas, kampus terus melakukan pembangunan infrastruktur bangunan kampus yang diharapkan selesai tahun ini," katanya.

Ia menjelaskan bangunan kampus  terdiri dari enam lantai yang pemanfaatannya untuk parkir, rektorat, ruang kuliah, laboratorium dan lainnya.

Ia berharap kehadiran Universitas Muhammadiyah Jambi dapat diterima oleh masyarakat Jambi khususnya dan bisa berkembang menjadi perguruan tinggi yang maju.

Tranformasi dari perguruan tinggi dari sekolah tinggi dan institut menjadi universitas di Jambi dalam dua tahun terakhir dilakukan beberapa institusi pendidikan.

Dua institusi pendidikan tinggi Jambi yang bertransformasi adalah Stikes Prima menjadi Universitas Adiwangsa, kemudian IAIN Sultan Thaha Saifuddin juga bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Baca juga: Khatam Quran syarat wisuda di Universitas Jambi

Baca juga: Universitas Jambi terima 13 hafidz Al Quran 30 juz

Pewarta : Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar