Aktivitas pasar sudah kembali normal hanya saja transaksi masih sedikit
Jakarta (ANTARA) - Aktivitas jual beli di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin,  kembali normal usai libur Lebaran 2019 terlihat sebagian besar toko di Blok B Tanah Abang  mulai beroperasi.

“Aktivitas sudah mulai normal. Toko sudah mulai buka minggu lalu. Tapi, Senin ini sudah hampir semuanya buka,” ujar pengemudi ojek Faisal yang biasa mangkal di depan Blok B Tanah Abang, kepada Antara, di Jakarta, Senin.

Namun, Faisal mengatakan jumlah pembeli masih sedikit.

Hal senada disampaikan petugas kebersihan, Aksan, yang bertugas di Blok B Tanah Abang.

“Mulai buka (Blok B) tanggal 13 Juni, tapi masih sepi pengunjung,” ujar Aksan.

Dari pantauan Antara, persimpangan jalan KH. Mansyur, jalan Fachrudin dan jalan Wahid Hasyim yang biasanya padat, masih terpantau lancar.

Meski belum terlihat kemacetan, aktivitas jual beli mulai terlihat di kawasan itu. Sejumlah pegawai toko di Blok M juga tampak merapikan barang dagangan.

Salah seorang penjaga toko SYL Blok B LT. G, Nuarini, menawarkan beraneka model pakaian wanita kepada pembeli.

Nuraini mengatakan telah membuka toko sejak Kamis (13/6). Namun, Dia merasa tingkat kunjungan di Blok B belum seperti biasa. Meski begitu, dia melihat sejumlah toko telah semakin banyak beroperasi.

“Kita buka Kamis, karena mengejar Sabtu dan Minggu yang ramai, tapi itu pun belum seramai biasanya,” kata Nuraini.

“Tapi hari ini orang yang lewat lalu lalang sudah mulai banyak,” tambah dia.

Tidak hanya di Pasar Blok B Tanah Abang, aktivitas perdagangan di kawasan Jembatan Penyeberangan Multiguna yang terkoneksi dengan Stasiun Tanah, juga sudah mulai terlihat.

 

Suasana di Jembatan Penyeberangan Multiguna Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)
Sejumlah lapak, yang didominasi pakaian, mulai buka. Meski belum semua lapak buka dan pengunjung belum seramai biasa, pedagang sudah mulai berjualan.

Sementara itu, di bawah jembatan penyeberangan, tepatnya kawasan Jalan Jati Baru kepadatan mulai terlihat. Sejumlah pedagang memenuhi barang dagangannya di trotoar. Beberapa pejalan kaki terlihat mampir, namun tak sedikit pula yang sekedar lewat.

Baca juga: Warga naik atap bus rayakan takbiran di Tanah Abang

Baca juga: Anies naik mobil double cabin pantau takbir keliling di Tanah Abang

Baca juga: Pasar Tanah Abang kembali jadi primadona perbelanjaan pascaricuh


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019