Ada akademi menyelam di Kampung Tablasupa Jayapura

id Papua Diving Academy (PDA),Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura

Sekretariat Papua Diving Academy (PDA) di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. (FOTO ANTARA/HO-Dok. Papua Diving Academy)

Jayapura (ANTARA) - Di Provinsi Papua ada sebuah sekolah menyelam yang lokasinya berada di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, yang bernama Papua Diving Academy (PDA).

Direktur PDA, Sopia Melisa Sorontou, ketika dihubungi ANTARA dari Kota Jayapura, Minggu (16/6) mengatakan sekolah tersebut telah dibuka sejak setahun terakhir guna memperkenalkan pendidikan selam kepada anak-anak dan warga Papua pada umumnya.

"Kami ingin mengenalkan dunia selam kepada anak-anak Papua dan kepada warga sipil umumnya," katanya.

Menurut dia, tahapan-tahapan dalam pendidikan menyelam dibagi dalam beberapa kelas atau kategori mulai dari "open water" atau kelas pemula, sampai pada kelas "master" atau "dive master".

"Tentunya harus mengikuti proses jika ingin jadi penyelam yang andal," katanya.

Selain kelas menyelam, kata dia, PDA juga menyediakan paket liburan wisata di areal wisata Pantai Amai, Harlem dan wisata Pantai Tablasuap Distrik Depapre.

"Paket liburan ini juga menyediakan paket belajar snorkling anak senilai Rp30 ribu/orang, paket belajar snorkeling  (selam dangkal) dewasa Rp50 ribu/orang, termasuk bonus belajar pengenalan peralatan scuba diving. Lalu, paket lainnya beriupa swafoto bawah laut. Ada juga kuliner dari bahan sagu," katanya.

Khusus untuk belajar menyelam, kata dia, PDA telah mempersiapkan sejumlah instruktur yang sudah punya sertifikat "dive master", yang akan mengajar dari pengenalan alat selam sampai dengan pendampingan aktivitas menyelam.

"Yang jelas kami telah mempersiapkan semua sarananya, para peserta hanya menyiapkan dananya saja untuk menjadi penyelam yang andal," katanya Sopia Melisa Sorontou.

Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Jika dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura jarak perjalanan kurang lebih 50 km dengan lama perjalanan 4 hingga 5 jam.

 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar