Bantul (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan tiga desa daerah ini dilaporkan mengalami kekeringan karena dampak musim kemarau 2019, sehingga harus mendapat bantuan distribusi air bersih.

"Terkait kekeringan yang jelas Bantul menjadi salah satu wilayah yang mempunyai potensi kekeringan tinggi, terutama di daerah-daerah perbukitan, sebelum Lebaran yang biasanya tidak kering itu saja sudah minta," kata Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, tiga daerah yang dilaporkan mengalami kekeringan dan sudah mendapat bantuan air bersih yaitu masyarakat di pedukuhan Bawuran Pleret, kemudian di wilayah Desa Triharjo Kecamatan Pandak dan di Desa Terong Dlingo.

"Ini sudah kita droping sebelum Lebaran kemarin untuk antisipasi dampak kekeringan berkepanjangan, karena itu memang kebutuhan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, untuk antisipasi dampak kemarau setelah Lebaran ini, lembaganya segera mengumpulkan para kepala desa di seluruh Bantul terutama yang daerahnya berpotensi kekeringan atau kesulitan air bersih saat kemarau.

"Setelah Lebaran ini tentu saja akan semakin meningkat karena puncak musim kemarau prediksinya di Agustus dan September, ini sudah bulan Juni sehingga sudah dampak panasnya sudah sangat luar biasa," katanya.

"Makanya kita antisipasi dan kita Insya Allah pekan depan akan kita undang seluruh kepala desa yang mempunyai potensi kekeringan akan kita minta petanya seperti apa kondisi di daerah masing-masing," katanya.

Dengan demikian, kata dia, nantinya pada saat masyarakat membutuhkan bantuan, BPBD tinggal melakukan droping air bersih sesuai dengan kondisi masyarakat masing-masing, sebagai antisipasi apabila musim kemarau berlangsung panjang.

"Mudah-mudahan tidak kemarau panjang, tapi tidak menutup kemungkinan kemarau bisa berdampak panjang, karena kondisi alam setiap saat bisa berubah, di tempat kita kering di daerah lain hujan itu sudah lumrah di Indonesia karena kondisi pemanasan global," katanya.

Dia juga mengatakan, dalam menanggulangi dampak kemarau di Bantul, pihaknya berkoordinasi dengan lembaga terkait baik swasta maupun pemerintah yang biasanya rutin menyalurkan bantuan air bersih ke masyarakat.

"Semua kita antisipasi, karena untuk kebutuhan masyarakat kita melayani sesuai dengan harapan masyarakat, dan kita selaku aparat pemerintah tugasnya harus siap untuk melayani masyarakat," katanya.

Baca juga: Bantuan sumur bor diberikan pada desa kesulitan air bersih di Jateng

Baca juga: Kemendes bangun sarana air bersih di Lombok Utara

 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019