Sejumlah warga keluar rumah untuk menjajal LRT

id Lrt,lrt Jakarta ,mrt,krl

Sejumlah warga menjajal moda transportasi baru lintas rel terpadu (LRT) Jakarta pada hari kedua uji publik gratis, Rabu (12-9-2019). (Foto: Pamela Sakina)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga Jakarta menyatakan sangat antusias dan penasaran untuk menjajal moda transportasi baru lintas rel terpadu (LRT), bahkan banyak di antara mereka yang keluar rumah hanya untuk mencoba kereta LRT.

Pada hari kedua uji publik, Rabu, stasiun-stasiun LRT termasuk Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, terlihat ramai dikunjungi warga yang ingin mencoba moda transportasi baru ini.

Warga terlihat sangat antusias saat mengantre di loket penukaran tiket masuk single journey trip (SJT). Mereka mengaku sudah memesan tiket gratis uji publik sejak beberapa hari lalu. Namun banyak di antara mereka yang langsung datang ke loket, seperti Amoy.

“Enggak mau ke mana-mana saya dengar ada kereta baru LRT gratis jadi saya sengaja datang mau coba saja,” kata Amoy yang berdomisili Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Amoy mengaku dua kali bolak-balik menjajal kereta LRT bersama para tetangganya.

Menurut dia, LRT sangat nyaman dan petugas-petugasnya sangat santun sehingga merasa sangat dihargai.

Selain Amoy, ada pula warga Jakarta Lain bernama Sumaida yang juga pergi keluar rumah hanya untuk mencoba LRT.

Ia terkesan dengan kecepatan kereta yang hanya sekitar 10 menit pergi pulang (p.p.) lima stasiun.

“Wah, cepat sekali, tidak terasa saya bolak-balik tadi, fasilitasnya bagus, bersih,” kata Sumaida.

Ada pula warga Jakarta lain bernama Salomo yang pergi bersama sang ibu khusus untuk menjajal LRT.

Salomo sebagai penyandang tunanetra mengaku sangat nyaman menggunakan kereta LRT.

“Semoga ke depannya bisa gratis seperti busway (Transjakarta) karena kalau busway gratis khusus disabilitas,” ucap Salumo.

Salomo, Amoy, dan Sumaida, berharap ke depannya masyarakat bisa terus menjaga fasilitas-fasilitas yang ada dan kereta LRT bisa menjadi transportasi yang sangat membantu mobilitas warga Jakarta dan sekitarnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin mengikuti uji publik gratis LRT dapat mendaftarkan diri dan memesan tiket di laman resmi LRT (www.lrtjakarta.co.id/uji-publik.html).

Pada laman tersebut masyarakat diharuskan mengisi data diri dan memesan tiket sesuai dengan tanggal yang diinginkan. Apabila proses tersebut telah rampung, tiket elektronik akan dikirimkan ke pos eletronik (e-mail) masing-masing pemesan dan langsung dibawa ke stasiun terdekat sesuai dengan tanggal yang telah dipesan.

Untuk stasiun, LRT memiliki lima stasiun, yaitu Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. Jam operasionalnya dimulai pukul 05.30 hingga 23.00 WIB setiap harinya, dan kereta datang setiap 10 menit sekali.


Pewarta : Pamela Sakina
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar