Arus balik pemudik masih berlangsung di Jalinsum Lampung

id arus balik di Jalinsum,jalinsum Lampung, Objek wisata Lampung, Wisata pantai Lampung, Mal di Lampung, Idul Fitri 1440 H, Idul Fitri 1440 di Lampung, L

Kendaraan arus balik pemudik terlihat melintas di Jalinsum Kalibalok menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada Selasa atau H+5 Lebaran 2019. (Antara Lampung/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (ANTARA) - Arus balik pemudik Lebaran 2019 masih berlangsung di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Lampung pada Selasa atau H+5 Lebaran, terutama tujuan Pelabuhan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan pantauan di beberapa titik Jalinsum ruas Rajabasa-Panjang Bandarlampung, arus balik pemudik masih terlihat kendati tak lagi seramai sejak Sabtu hingga Senin subuh.

Arus balik pemudik lebih banyak melaju menuju kawasan Bakauheni, kemudian menyeberang menggunakan kapal feri dari pelabuhan penyeberangan itu ke Pelabuhan Merak, Banten.

Selanjutnya arus balik pemudik meneruskan perjalanannya ke berbagai daerah di Jawa, terutama kawasan Jobatabek dan Bandung.

Selain itu, arus balik pemudik dari arah Bakauheni ke arah Kota Bandarlampung dan daerah lain di Sumatera juga masih berlangsung, meski hanya satu dua kendaraan arus balik melintas, seperti mobil berpelat asal Palembang (BG).

Puncak arus balik pekerja sektor formal melalui Jalinsum dan Pelabuhan Bakauheni telah berlangsung pada Sabtu dan Minggu (H+3), namun arus balik diperkirakan bisa berlangsung hingga akhur bulan Juni.

Pekerja sektor informal yang mudik ke Sumatera, biasanya akan balik ke Jawa menjelang berakhirnya liburan sekolah. Sedang pekerja sektor formal biasanya langsung balik menjelang berakhirnya masa libur Lebaran dan cuti bersama.

Arus balik pemudik melalui Jalinsum didominasi motor, meski ada juga beberapa kendaraan roda empat yang memilih jalan lintas itu. Namun, pengendara roda empat umumnya memilih jalan tol sebagai rute balik karena waktu tempuh lebih cepat

Kendaraan arus balik tetap sarat muatan dan penumpang, dan kondisi Jalinsum kini lebih ramai karena truk-truk sudah kembali.

Pewarta : Hisar Sitanggang
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar