Harga ikan gabus giling mulai turun usai Lebaran

id Ikan gabus, bahan baku pempek, pempek palembang

Pedagang ikan gabus (Antarasumsel.com)

Palembang (ANTARA) - Harga ikan gabus giling bahan baku utama pempek makanan khas Palembang, Sumatera Selatan, yang melambung menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 kini mulai bergerak turun.

Harga ikan gabus giling di sejumlah pasar tradisional Palembang, Selasa, (11/6)  bergerak turun sejak tiga hari terakhir dari sebelumnya Rp90.000 per kilogram menjadi Rp60.000/kg

Pemilik usaha Pempek Sodop kawasan Jalan Bidar Kampus POM IX Palembang, Fakhlani, mengatakan harga ikan gabus bahan baku utama pembuatan makanan khas warga Bumi Sriwijaya itu mulai turun.

Harga ikan gabus turun karena pasokan ikan dari beberapa daerah sekitar Palembang cukup banyak sementara permintaan warga kota ini berkurang.

Kondisi tersebut cukup membantu pihaknya karena tidak perlu mengeluarkan biaya produksi yang besar dan juga tidak perlu berkeliling ke sejumlah pasar untuk mendapatkan ikan gabus dalam jumlah banyak guna memenuhi pesanan pelanggan.

Sementara pedagang ikan di pasar tradisional Sekip Ujung, Suwandi, menjelaskan harga ikan gabus sekarang ini turun menjadi Rp60.000/kg.

Turunnya harga ikan gabus sekarang ini dipengaruhi berkurangnya permintaan sementara pasokan banyak.

Pasokan ikan dari sejumlah daerah sekitar Palembang ke pasar ini cukup banyak atau bisa mengimbangi permintaan masyarakat, kata pedagang ikan.

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar