Wisatawan pulau diIngatkan pada cuaca ekstrem

id bangka tengah,cuaca ekstrem,pulau ketawai

BPB-Kesbangpol Bangka Tengah saat mengevakuasi seorang wisatawan yang tewas tenggelam di Pulau Ketawai, Minggu (9/6/2019). (babel.antaranews.com/Ahmadi)

Koba, Babel (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana dan Kesbangpol (BPB Kesbangpol) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan para wisatawan yang ingin melancong ke objek wisata pulau untuk lebih hati-hati karena kondisi cuaca di laut tergolong ekstrem.

"Ada beberapa objek wisata pulau di daerah ini, maka kami ingatkan kepada wisatawan untuk lebih hati-hati demi keselamatan," kata Kepals BPB-Kesbangpol Bangka Tengah, Jauhari di Koba, Ahad.

Hal itu dikemukakannya menyikapi adanya wisatawan pulau yang menjadi korban yaitu di Pulau Ketawai Bangka Tengah dan Pulau Lengkuas Kabupaten Belitung.

"Kendati insiden tenggelamnya perahu Belitung dan tenggelamnya wisatawan di Pulau Ketawai bukan karena cuaca ekstrem, namun kami tetap mengingatkan untuk menghindari kecelakaan di laut," ujarnya.

Ia menjelaskan, di Bangka Tengah ada objek wisata Pulau Ketawai yang menjadi lokasi favorit bagi wisatawan untuk bertamasya keluarga karena memang panorama alamnya cukup bagus.

"Untuk menuju Pulau Ketawai para wisatawan harus menempuh pelayaran di laut lepas sekitar satu jam perjalanan, maka harus lebih waspada," ujarnya.

Ia mengatakan, pintu masuk yang terdekat untuk menuju Pulau Ketawai yaitu dari dermaga nelayan di Desa Kurau.

"Armada laut yang dapat digunakan adalah perahu nelayan dengan muatan terbatas, maka kapasitas muatan harus menjadi perhatian," ujarnya.*

Baca juga: Wisatawan lokal tenggelam saat berenang di Ketawai, Bangka Tengah

Baca juga: Wisatawan dilaporkan hilang di Pulau Ketawai Bangka Tengah

Pewarta : Ahmadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar