Kedatangan pemudik di terminal KM-6 Kalsel makin ramai

id Mudik lebaran di Kalsel, Terminal KM-6 Banjarmasin, hari raya idul Fitri 1440 H

Bus-bus di terminal kedatangan penumpang Terminal KM 6 Banjarmasin. (Sukarli Ant).

Banjarmasin (ANTARA) - Kedatangan pemudik di terminal KM 6 Banjarmasin, Kalimantan Selatan dari berbagai tujuan makin ramai terpantau pada H+3 libur Lebaran 2018, Sabtu.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Rusdiansyah melalui Kepala UPT Terminal KM 6 Banjarmasin A Husaini di Banjarmasin, menyatakan ada peningkatan kedatangan penumpang pada hari ini atau H+3 libur Lebaran.

"Kalau dibanding hari kemarin dengan hari ini suasana kedatangan penumpang lebih ramai," ujar A Husaini.

Kedatangan penumpang untuk Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), yakni dari Samarinda dan Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) serta dari Palangkaraya-Sampit Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) jumlahnya bertambah dari sebelumnya.

"Kalau kemarin jumlahnya sekitar 500 penumpang yang datang, hari ini baru sekitar pukul 15.00 WITA, terdata sudah lebih 700 orang penumpang," tuturnya.

Husaini mengungkapkan, armada bus AKAP yang datang dari berbagai tujuan tersebut sudah terdata masuk terminal pada pukul 15.00 WITA sebanyak 19 buah.

"Ini bisa makin bertambah lagi hingga malam hari," ujarnya.

Sedangkan untuk keberangkatan dari Banjarmasin ke beberapa kota antar provinsi tidak begitu banyak dengan kedatangannya.

"Jadi lebih banyak yang datang dibanding yang berangkat," ucapnya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk kedatangan penumpang Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), yakni dari Banua Enam dan Batulicin-Kotabaru juga menunjukkan peningkatan.

"Tercatat untuk jenis armada L300 yang masuk ke terminal mencapai 56 buah, jumlah penumpang sebanyak 297 orang," ujarnya.

Husaini memperkirakan, puncak kedatangan penumpang akan terjadi Minggu (9/5) atau H+4 Lebaran.

"Sejauh ini semua terkendali dan aman, hampir tidak ada masalah yang terjadi, artinya semua dapat berjalan lancar," tuturnya.

Semua unsur yang tergabung di posko terpadu mudik Lebaran di terminal ini dapat melakukan pengawasan secara maksimal untuk lancarnya budaya mudik Lebaran melalui terminal KM 6, tambahnyai.

Pewarta : Sukarli
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar