Raptors di ambang gelar juara usai menangi gim keempat

id toronto raptors,golden state warriors,final nba,nba,kawhi leonard

Bintang Toronto Raptors Kawhi Leonard (kanan) berusaha melepaskan tembakan di hadapan pemain Golden State Warriors, Draymond Green (kiri), dalam gim keempat final NBA di Oracle Arena, California, Amerika Serikat, Jumat (7/6/2019) setempat. (twitter.com/nba)

Jakarta (ANTARA) - Toronto Raptors di ambang gelar juara perdana NBA seusai memenangi gim keempat final melawan Golden State Warriors dengan skor 105-92 di Oracle Arena, California, Amerika Serikat, Sabtu WIB, yang membuat mereka kini unggul 3-1.

Kedudukan tersebut, membuat Raptors berpeluang memastikan gelar juara jika berhasil menang saat menjamu Warriors di Scotiabank Arena, Ontario, Kanada, pada Selasa (11/6) WIB, demikian catatan laman resmi NBA.

Langkah Raptors ke tahta juara nampaknya sulit dicegah. Menurut catatan sejarah NBA, satu-satunya tim yang bisa membalikkan defisit 1-3 di Final adalah Cleveland Cavaliers yang dipimpin LeBron James, yang mengalahkan Warriors pada 2016.

Kawhi Leonard kembali jadi bintang kemenangan Raptors lewat catatan dwiganda 36 poin dan 12 rebound. Bantuan paling banyak kali ini datang dari Serge Ibaka yang mengemas 20 poin, diikuti Pascal Siakam 19 poin dan lima rebound serta Kyle Lowry 10 poin dan tujuh assist.

Sixthman Raptors, Fred VanVleet juga gagal menyelesaikan pertandingan karena ditarik keluar setelah wajahnya terkena sikut dalam perebutan bola dengan lawan.

Bagi Warriors, Klay Thompson yang kembali bermain setelah absen dari gim ketiga menjadi penampil terbaik lewat 28 poin, diikuti 27 poin milik Stephen Curry.

Namun, bantuan cuma datang dari Draymond Green yang di ambang triganda lewat catatan 10 poin, sembilan rebound dan 12 assist serta 10 poin milik Kevin Looney.

Sang bintang Kevin Durant yang absen karena cedera ketegangan betis tak kunjung bisa bermain dan hal itu kian terasa di kubu Warriors.

Baca juga: Kerr: Thompson akan main pada gim keempat

Baca juga: Warriors tetap tanpa Kevin Durant di gim keempat


Kendati tak tampil seklinis di gim sebelumnya, hanya mencapai 41,9 persen akurasi tembakan terbuka dibandingkan 44,9 persen milik Warriors, Raptors bertumpu pada kebangkitan di kuarter ketiga untuk membukukan kemenangan kali ini.

Setelah tertinggal 17-23 di kuarter pertama dan memangkas ketertinggalan menjadi 42-46 pada akhir kuarter kedua, Raptors untuk pertama kalinya memimpin dalam kedudukan 48-46 pada awal kuarter ketiga lewat tembakan tripoin Leonard yang segera dibalas tripoin juga oleh Curry untuk mengembalikan keunggulan untuk Warriors.

Saling kejar terus terjadi dan kedua tim berganti memimpin kedudukan hingga akhirnya Raptors menegaskan keunggulan 71-63 lewat raupan poin beruntun 12-2 hingga sisa waktu satu menit 45 detik kuarter ketiga. Kuarter tersebut berakhir dengan keunggulan Raptors kian tegas yakni 79-67 atas Warriors.

Raptors tampil begitu tenang di kuarter pamungkas demi memastikan tak ada kebangkitan ataupun kejutan dramatis bagi Warriors. Sebuah turnaround jump shot dari Siakam pada sisa waktu 52,2 detik menjadi poin pamungkas pertandingan yang berakhir dengan kedudukan 105-92 untuk kemenangan Raptors.

Baca juga: Pemilik saham Warriors dilarang tonton langsung pertandingan

Baca juga: Vince Carter pensiun di akhir musim depan

Baca juga: Nets terus kosongkan ruang gaji demi datangkan Kyrie Irving

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar