Banjarmasin (ANTARA) - Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo mengatakan, arus kendaraan yang akan menuju Duta Mall Banjarmasin masih relatif lancar hingga memasuki H-2 Lebaran pada Senin (3/6).

"Kondisinya berbeda dengan tahun lalu yang sangat padat lantaran juga ada pembukaan sebuah ritel baru di Duta Mall, sehingga animo masyarakat juga tinggi," jelasnya.

Wibowo pun menjelaskan kondisi arus lalu lintas di sekitar pusat perbelanjaan terbesar di Kalsel itu secara langsung kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani ketika mengunjungi Pos Pelayanan 1 Lebaran depan Duta Mall Banjarmasin.

Kapolda sendiri memberikan atensi khusus agar keamanan di Duta Mall terjamin, termasuk kelancaran arus kendaraannya lantaran jadi tujuan utama masyarakat di Kota Banjarmasin berbelanja.

Untuk mengantisipasi jika terjadi kepadatan kendaraan, rekayasa lalu lintas telah disiapkan.

Menurut Wibowo, pihaknya akan menutup U-turn (putar balik arah) depan Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin.

"Pengendara kita arahkan menuju Jalan Kolonel Sugiono terus ke Jalan Pangeran Samudera atau Jalan Jati untuk memecah arus kendaraan yang ingin menuju Duta Mall," jelasnya.

Kemudian kantong-kantong parkir alternatif juga sudah disiapkan jika area parkir Duta Mall tak bisa lagi menampung kendaraan pengunjung.

Ada dua lokasi parkir yang tersedia, yakni seberang Duta Mall di halaman Bank BCA serta di belakang mall yaitu halaman Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat di Jalan Veteran.

"Untuk parkir BCA bisa menampung 130 kendaraan roda empat, sedangkan kampus Fakultas Kedokteran Gigi hanya diperuntukkan untuk motor alias roda dua," ungkap Wibowo lagi.

Satlantas Polresta Banjarmasin pun menyiagakan 19 personelnya untuk mengatur lalu lintas di sekitar Duta Mall, sedangkan di Pos Pelayanan 1 Lebaran ada 10 petugas yang berjaga, gabungan dari unsur terkait.

"Hingga sekarang jumlah pengunjung belum over alias masih tidak terlalu tinggi, terbukti dari area parkir di gedung Duta Mall masih bisa menampung kendaraan. Namun antisipasi kita justru nanti pasca Lebaran mungkin ada peningkatan lagi masyarakat yang rekreasi ke mall," pungkas Wibowo.

Pewarta: Firman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019