Penetapan Bundaran Besar sebagai lokasi shalat id itu setelah mempertimbangkan berbagai hal dan berkomunikasi serta berkoordinasi dengan pihak panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kalteng
Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran bersama sejumlah pejabat yang ada di provinsi ini, rencananya akan melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 Hijriyah di Bundaran Besar Kota Palangka Raya, pada Rabu (5/6).

"Penetapan Bundaran Besar sebagai lokasi shalat id itu setelah mempertimbangkan berbagai hal dan berkomunikasi serta berkoordinasi dengan pihak panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kalteng," kata Asisten II Setda Kalteng, Nurul Edy di Palangka Raya, Senin.

"Sekarang ini sedang dilakukan berbagai persiapan pelaksanaan shalat id di Bundaran Besar Palangka Raya. Masyarakat dipersilakan datang dan ikut shalat id di sana," tambahnya.

Ia menjelaskan seluruh rangkaian menyambut Idul Fitri akan dilaksanakan di Bundaran Besar yang merupakan pusat Kota Palangka Raya. Sebab, malam hari sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri, di tempat itu juga akan menjadi lokasi pelaksanaan malam takbiran.

Edy memperkirakan ribuan masyarakat yang berasal dari pengurus masjid, ormas Islam, ormas kemasyarakatan dan sejumlah lembaga pendidikan akan menghadiri kegiatan tersebut. Hal itu dilihat dari pelaksanaan malam takbiran di tahun lalu, yang dimeriahkan dengan pawai yang diikuti seluruh elemen masyarakat.

"Undangannya sudah ada dan disebarkan ke berbagai pihak untuk ikut kegiatan malam takbiran itu. Yang pasti semua kegiatan menyambut Idul Fitri akan dilaksanakan di Bundaran Besar. ini terbuka untuk seluruh lapisan," katanya.

Dalam kaitan Idul Fitir dan malam takbiran, pihaknya mengajak  umat Islam di Kalteng dan semua pihak dapat bersinergi dengan pemerintah untuk bersama membangun daerah Kalteng sesuai dengan program dan kebutuhan masyarakat.

"Melalui kegiatan seperti ini, semangat untuk saling bahu membahu semakin kuat supaya pelaksanaan pembangunan bisa berjalan lancar. Tentu semua itu akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sendiri," demikian Nurul Edy .

Baca juga: Bank Kalteng siapkan uang receh

Baca juga: Ini pilihan objek wisata di Kalteng saat libur Lebaran 2019

Baca juga: Sekda Kalteng perkirakan jumlah penduduk bertambah usai Lebaran

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung/Adv
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019