FKUB Tulungagung dukung TNI-Polri usut tuntas perusuh 22 Mei

id Kerusuhan 22 Mei, pengusutan kerusuhan 22 Mei, TNI polri tangani kerusuhan, pemilu 2019, pemilu presiden

Ketua FKUB Tulungagung KH Efendi Abdullah Sunni (Ist)

Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, memberikan dukungan penuh terhadap upaya yang dilakukan jajaran TNI/Polri dalam mengusut tuntas para pelaku lapangan hingga aktor intelektual kerusuhan 22 Mei 2019 di Jakarta.

"Segala langkah dan tindakan hukum yang dilakukan aparat keamanan, dalam hal ini TNI/Polri dalam mengusut gerakan pembangkangan sipil yang gagal itu harus kita dukung," kata Ketua FKUB Tulungagung KH Efendi Abdullah Sunni di Tulungagung, Kamis.

Menurut dia, penangkapan sejumlah pelaku kerusuhan dalam demo menolak hasil Pemilu 2019 sudah tepat, termasuk pengembangan penyidikan yang kini dilakukan dengan menyasar kreator, inisiator serta aktor intelektual di balik aksi massa yang telah diskenario ricuh tersebut.

"Usut tuntas. Keadilan harus tegak, negara tidak boleh kalah. Jangan sampai aksi inskonstitusional dalam rusuh 22 Mei (di Jakarta) itu terulang," ujarnya.

Secara khusus, FKUB Tulungagung yang didukung kelompok lintas agama itu juga mengapresiasi keberhasilan TNI-Polri dalam mengamankan demo 22 Mei di depan Bawaslu RI dengan aman dan sesuai prosedur.

Mereka mendoakan agar aparat keamanan yang menjadi korban dalam aksi berujung ricuh dan nyaris tidak terkendali itu cepat pulih sehingga dapat kembali bertugas menjaga NKRI.

"Semoga TNI-Polri diberi kekuatan dan kesehatan kesembuhan yang sedang sakit untuk kembali bertugas," ujarnya.

Abdullah Sunni mengatakan, FKUB pada dasarnya percaya Polri dan TNI sangat profesional dalam menangani unjuk rasa dan kerusuhan tersebut.

Meskipun eskalasi ancamannya sangat besar, terutama 21 Mei lalu.

"Ada okunum-oknum yang tidak ingin proses demokrasi ini berujung damai, sehingga ini catatan penting bagi kita bahwa demokrasi kita pascareformasi sudah mencapai hal yang positif, dan itu mengapa FKUB meminta aparat kepolisian mengusut tuntas dalang di balik kerusuhan ini," ujar Abdullah Sunni.

Pewarta : Destyan H. Sujarwoko
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar