22.640 peserta ikuti UTBK-SBMPTN 2019 di Universitas Jember

id utbk sbmptn unej,penerimaan mahasiswa baru unej,universitas jember,snmptn unej

Duwi Purnama Sidik, peserta difabel yang melakukan UTBK di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember pada 26 Mei 2019. (Foto Humas Unej)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 22.640 peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 yang dilaksanakan dalam sepuluh hari ujian pada April hingga Mei 2019 di Universitas Jember, Jawa Timur.

"Sebenarnya ada 25.560 peserta UTBK di Universitas Jember, namun dari data yang ada tercatat sebanyak 2.920 peserta tidak hadir mengikuti UTBK di hari pertama hingga hari terakhir," kata Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember Agung Purwanto di Jember, Rabu.

Secara keseluruhan, lanjut dia, peserta UTBK di Universitas Jember ini menjalani ujian di 53 ruang yang tersebar di 11 fakultas dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa, termasuk di Universitas Jember Kampus Bondowoso, serta enam sekolah mitra yakni SMKN 1, 2, 4 dan 5 Jember, SMAN 1 Jember dan MAN 2 Jember.

"Dari evaluasi awal yang dilakukan, pelaksanaan UTBK di Universitas Jember berjalan lancar tanpa hambatan yang signifikan," ucap Agung yang juga Dosen FISIP tersebut.

Dari sisi sistem teknologi informasi komunikasi, lanjut dia, UTBK sudah terbukti efektif dan efisien serta akuntabel karena setiap peserta mengerjakan soal yang berbeda dengan peserta lainnya sehingga meminimalkan adanya joki.

Namun, ia menyesalkan, masih ada peserta yang tidak membawa persyaratan seperti surat keterangan dari sekolah atau legalisir ijazah.

UTBK-SBMPTN 2019 dilaksanakan dalam dua gelombang yakni gelombang pertama diadakan pada tanggal 13, 14, 27, 28 April dan 4 Mei 2019. Sedangkan UTBK  gelombang kedua digelar pada tanggal 11, 12, 18, 25 dan 26 Mei 2019 yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu dengan masing-masing ada dua sesi ujian setiap harinya.

"Universitas Jember sebagai pelaksana UTBK menyiapkan 1.635 perangkat komputer untuk melayani 13.839 peserta ujian Saintek dan 11.721 peserta ujian Soshum," tuturnya.

Bagi para peserta SBMPTN 2019, tahap selanjutnya adalah pendaftaran guna memilih program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkan dengan masa pendaftaran SBMPTN dibuka mulai 10 Juni hingga 24 Juni 2019 di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk kemudian mengunggah biodata dan pas foto, dan memilih program studi di PTN.

"Peserta dapat memilih dua program studi di dua PTN atau dua program studi di satu PTN. Ingat khusus bagi peserta yang memilih program studi tertentu seperti program studi olah raga, kesenian, tari dan lainnya wajib mengunggah portofolio. Hasil seleksi SBMPTN akan diumumkan pada 9 Juli 2019," katanya.

Selain membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, lanjut dia, Universitas Jember juga menerima mahasiswa baru dari jalur mandiri yang dikenal sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR).

"Tahun ini, Universitas Jember membuka dua macam jalur penerimaan di SBMPTBR yakni jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan-Diploma (PMDK-Diploma), yakni jalur bagi peserta yang ingin kuliah di pendidikan vokasi di Kampus Unej berdasarkan nilai rapor atau tanpa tes. Kedua, jalur reguler SBMPTBR yang meliputi jenjang sarjana dan diploma, yang seleksinya menggunakan tes," ujarnya.

Baca juga: UGM siap menggelar UTBK gelombang kedua
Baca juga: UI gandeng 26 SMA/SMK laksanakan UTBK 2019
 

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar