Sebanyak 31 unit bus ini sifatnya cadangan dan 'ngetem',  siap dioperasikan apabila dibutuhkan jika terjadi kekurangan armada untuk melayani pemudik
Koba, Babel (ANTARA) - Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Perkimhub)  Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 31 unit bus untuk melayani para pemudik Lebaran 2019.

"Sebanyak 31 unit bus ini sifatnya cadangan dan 'ngetem',  siap dioperasikan apabila dibutuhkan jika terjadi kekurangan armada untuk melayani pemudik," kata Kepala Disperkimhub Kabupaten Bangka Tengah, Ari Yanuar Prihatin di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, ke-31 unit bus tersebut disediakan sebagai armada cadangan untuk mengantisipasi derasnya arus mudik dari berbagai daerah menuju Kabupaten Bangka Tengah.

"Ini bentuk inisiatif dari pemerintah daerah untuk melayani para pemudik Lebaran terutama mereka yang menuju Koba," katanya.

Bangka Tengah merupakan daerah lintasan para pemudik Lebaran karena berada di tengah-tengah, di mana pemudik asal Toboali, Kabupaten Bangka Selatan melintasi kabupaten ini.

"Kemungkinan lonjakan masyarakat yang mudik Lebaran di Bangka Tengah tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan daerah lain, misalnya Kabupaten Bangka Barat, Belitung dan Kota Pangkalpinang," katanya.

Apalagi di Kabupaten Bangka Tengah tidak ada pelabuhan penyeberangan baik orang maupun barang sehingga arus mudik tidak akan padat di daerah itu, demikian Ari Yanuar Prihatin.

Baca juga: Diperkimhub periksa muatan di Pelabuhan Sungaiselan jelang Lebaran

Baca juga: Bupati Bangka Tengah safari Ramadhan di 30 masjid

Baca juga: Polres Bangka Tengah siapkan 60 personel pengamanan Lebaran

Pewarta: Ahmadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019