Kulon Progo siagakan 10 Puskesmas selama mudik dan balik Lebaran

id Puskesmas siaga 24 jam,Dinkes Kulon Progo,ramadhan 1440 H,sambut ramadhan,tradisi ramadhan,bulan puasa,puasa ramadhan

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Ananta Kogam. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiagakan 10 Puskesmas dan enam rumah sakit yang siap melayani kesehatan pemudik selama arus mudik dan arus balik Lebaran  Idul Fitri 1440 Hijriah.

Adapun 10 Puskesmas yang siaga 24 jam selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 itu , yakni Puskesmas Temon I, Puskesmas Sentolo I, Puskesmas Galur II, Puskesmas Girimulyo II, Puskesmas Samigaluh I, Puskesmas Panjatan I, Puskesmas Panjatan II, Puskesmas Lendah I, Puskesmas Sentolo II, dan Puskesmas Samigaluh II.

"Semua Puskesmas di Kulon Progo siap memberikan pelayanan kepada pemudik. Sebanyak 10 Puskesmas yang disiagakan 24 jam ini berada di jalur mudik dan balik pada Lebaran 2019 dan sudah memiliki pelayanan rawat inap. Kemudian, Puskesmas lainnya memberikan pelayanan kesehatan hingga 20.00 WIB. Kesiapsiagaan ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan dan pengendalian risiko kesehatan selama Lebaran 2019," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Ananta Kogam di Kulon Progo, Senin (27/5).

Ia mengatakan 10 Puskesmas yang disiagakan pada arus mudik dan arus balik tetap memberikan pelayanan biasa, sehingga tidak mengganggu warga yang akan berobat di Puskesmas. "Kami tetap memberikan pelayanan kesehatan seperti biasa, masyarakat tidak perlu resah," katanya.

Selanjutnya, kata Ananta, ada delapan rumah sakit umum baik negeri dan swasta yang melayani kesehatan pemudik 24 jam, yakni Rumah Sakit Kharisma Paramedika, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wates, Rumah Sakit Rizki Amalia Temon, RSUD Nyi Ageng Serang Sentolo, Rumah Sakit ST Yusuf Boro, RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan dan Rumah Sakit Pura Rahajarja Lendah.

"Rumah sakit negeri dan swasta di Kulon Progo siap memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik yang tinggal dan melewati Kulon Progo," kata Ananta.

Selain itu, lanjut Ananta, Dinas Kesehatan juga mendirikan posko kesehatan di Terminal Wates yang siap melayani kesehatan pemudik dan sopir hingga petugas yang sakit selama menjalankan tugasnya.

"Kami hanya mendirikan satu posko kesehatan di Terminal Wates. Hal ini dikarenakan sepanjang jalur mudik di Kulon Progo banyak terdapat Puskesmas dan rumah sakit yang siap melayani kesehatan pemudik. Posko kesehatan di Terminal Wates ini dikhususkan melayani pengguna jalur darat, dan awak bus," katanya.

Pewarta : Sutarmi
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar