Polda pastikan situasi Kalimantan Selatan kondusif

id Kapolda Kalsel, Kalsel aman,Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i

Anggota Direktorat Sabhara Polda Kalsel yang bersiaga di Mako Mapolda pada Rabu siang. (antara/foto/firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan situasi wilayah terjaga kondusif sepanjang Rabu siang hingga jelang malam hari.

"Alhamdulilah tidak ada sesuatu yang menonjol, semua terkendali dan aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Rabu.

Aksi massa yang turun ke jalan pun diketahui tidak ada. Hal itu bisa terlihat dari tidak adanya permohonan izin untuk berdemo yang masuk di Direktorat Intelkam Polda Kalsel maupun Satuan Intelkam polres jajaran.

"Selasa kemarin sempat ada aksi massa berorasi di perempatan Lambung Mangkurat Banjarmasin yang menyampaikan orasi dukungan terhadap KPU, bukan demo seperti di Jakarta," kata Rifa'i.

Polda Kalsel pun memberlakukan status siaga 1, sebagaimana perintah dari Mabes Polri untuk seluruh jajaran Polda se-Indonesia.

"Siaga 1 ini bertujuan agar seluruh anggota Polri meningkatkan kewaspadaan agar tidak kecolongan. Termasuk memberlakukan pengamanan maksimal untuk sejumlah tempat seperti objek vital, area publik dan lokasi keramaian hingga Mako Polda dan Satuan Kewilayahan hingga Polsek," jelas Rifa'i.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga suasana kondusif dan tidak terprovokasi oleh ajakan aksi yang dapat menyebabkan terganggunya kamtibmas.

"Kami yakin masyarakat Banua Kalimantan Selatan cinta damai dan tetap menjaga persatuan meski berbeda pilihan dalam politik. Pemilu telah usai, mari kita rajut kembali tali silaturrahmi, terlebih di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini," tambah Rifa'i.

Berdasarkan pantauan Antara sepanjang Rabu siang aktivitas masyarakat di Kota Banjarmasin memang berjalan normal. Seperti pusat perbelanjaan Duta Mall yang ramai oleh pengunjung. Begitu juga malam hari, masjid dan mushalla tetap penuh oleh jamaah yang melaksanakan shalat tarawih.
 
Warga nampaknya tidak terpengaruh dengan apa yang sedang terjadi di Ibukota Negara yang kini masih bersitegang dengan aksi demo di kantor Bawaslu dan sejumlah titik.

Pewarta : Firman
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar