Palu (ANTARA) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, mengemukakan Al Quran sebagai petunjuk dapat mengantar manusia menjadi mulia.

"Semua yang berhubungan dan berkaitan dengan Al Quran pasti menjadi mulia dan dimuliakan oleh Allah SWT," ucap dia, di Palu, Senin. Nuzulul Quran atau malam Al Quran diturunkan pada bulan ramadhan, disebut sebagai malam yang mulia.

Sesuai Firman Allah dalam Surah Al Qadr Ayat 1 dan 3, disebutkan, Al Quran diturunkan pada malam kemuliaan. Ia mengingatkan bahwa, Nuzulul Quran pada bulan Ramadhan, harus dimanfaatkan umat Islam untuk kembali pada Al Quran. Karena, Wakil Ketua Umum MUI Sulawesi Tengah itu menyebut hanya dengan kembali pada Al Quran kemuliaan dapat di capai.

"Jadi kalau kita umat Islam ingin menjadi mulia di sisi Allah bahkan juga di kalangan makhluk lainnya, haruslah kita dekat dengan Al Quran," sebut dia.

Ia mengutarakan, dekat dengan Al Quran dalam arti bukan hanya sekedar membacanya saja atau mentadabbur, tetapi juga mengamalkannya dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan demikian, menurut dia, semua yang berhubungan dan berkaitan dengan Al Quran pasti menjadi mulia dan dimuliakan oleh Allah SWT.

"Malaikat Jibril disebut juga malaikat yang mulia karena dialah malaikat yang ditugaskan Allah untuk membawa Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Kemuliaan Nabi Muhammad SAW juga karena beliau menerima wahyu dari Allah SWT," katanya.

Al Quran adalah kalamullah, kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril untuk menjadi pedoman dan petunjuk hidup manusia agar dapat membedakan antara yang hak dan yang bathil, sehingga memperoleh keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Al Quran diturunkan secara berangsur-angsur agar mudah dipahami dan diamalkan serta berdasarkan peristiwa dan kejadian yang terjadi, baik yang dialami Rasulullah maupun sahabat dan pengikutnya. Al Quran sebagai kitab suci yang mulia, maka semua yang berkaitan dengan Al Quran juga menjadi mulia baik pada sisi manusia maupun pada sisi Allah swt.

Malam lailatul qadar disebut malam yang mulia karena pada malam itulah pertama kali Al Quran diturunkan ke bumi kepada Nabi Muhammad SAW.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019