KPU Sulsel tetapkan perolehan suara caleg DPR RI

id rekapitulasi perolehan suara,caleg dprri,kpu sulsel,dapil sulsel,pemilu 2019

Ketua KPU Provinsi Sulsel Misna M Attas memberikan keterangan usai rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi di hotel Harper, jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/5/2019) malam. ANTARA FOTO/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan akhirnya merampungkan rekapitulasi perolehan suara untuk tingkat provinsi dan menetapkan perolehan Pilpres, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPR RI, dan DPRD provinsi, di hotel Harper jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Minggu dini hari.

Berdasakan data rekapitulasi untuk DPR RI, hasilnya cukup signifikan. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berhasil menambah kursi dari dua menjadi empat kursi. Keempat Calon Legislatif (Caleg)-nya merupakan pendatang baru yang akan duduk di Senayan.

Sedangkan Partai Golkar masih tetap mendudukan empat Calegnya. Disusul Partai Gerindra dengan tiga kursi, PDI-P tiga kursi dari sebelumnya dua kursi, PAN tiga kursi, Demokrat dua kursi.

Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil meraih dua kursi dari sebelumnya satu kursi. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dua kursi dan PKS hanya mampu mendapat satu kursi dengan total 24 jumlah kursi di tiga Daerah Pemilihan atau Dapil.

Ketua KPU Provinsi Sulsel Misna M Attas usai rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi menyatakan, hasil Pemilu dari Sulsel sudah bisa disampaikan ke publik secara resmi.

KPU sebagai penyelenggara melaksanakan sesuai tahapan dari tiap tingkatan, sehingga siapa saja boleh mengakses informasi dan bisa dilihat melalui media setelah diputuskan siapa saja mendapatkan kursi mana tidak, sebab penghitungan sudah selesai.

Tetapi mekanisme penentuan calon terpilih, kata dia, setelah ada kepastian dari Mahkamah Konstitusi (MK) bila nantinya ada sanggahan. Tetapi bila tidak ada masukan atau sanggahan tentu akan lebih cepat ditetapkan.

"Kalau memang partai politik misalnya atau peserta pemilu yang lain memasukkan sanggahan dan MK memandang harus disiapkan dan dilanjutkan persidangannya, maka tentu harus menunggu hasil persidangan di MK hasil pemilu baru ditetapkan," katanya.

Untuk hasil Pemilu akan dilakukan KPU RI dalam menetapkan hasil Pemilu secara nasional. Hal ini berdasar data rekapitulasi pada setiap jenjang penyelenggara dari KPUD provinsi, kabupaten kota ke KPU RI.

Berikut ini adalah Nama-nama 24 Caleg Sulsel yang lolos ke senayan

Daerah Pemilihan Sulsel I

Amir Uskara (PPP) 91.970 suara
Hamka B Kadi (Golkar) 86.737 suara
Azikin Soeltan (Gerindra) 74.997 suara
Hj Aliyah Mustika Ilham (Demokrat) 61.800 suara
H Ashabul Kahfi (PAN) 57.221 suara
Ridwan Andi Wittiri (PDIP) 48.724 suara
Haruna (PKB) 46.692 suara
Muh Rafsel Ali (Nasdem) 43.359 suara

Daerah Pemilihan Sulsel II

Iwan Darmawan Aras (Gerindra) 84.702 suara
Rio Padjalangi (Golkar) 71.420 suara
Akmal Pasluddin (PKS) 66.340 suara
Andi Yuliani Paris (PAN) 56.723 suara
Supriansa (Golkar) 54.659 suara
Hj Hasnah Syam (Nasdem) 51.871 suara
Syamsu Niang (PDIP) 48.376 suara
Muh Aras (PPP) 39.853 suara
Andi Muawiah Ramli (PKB) 34.471 suara

Daerah Pemilihan Sulsel 3

Rusdi Masse (Nasdem) 119.064 suara
Muh Fauzi (Golkar) 63.076 suara
Latinro Latunrung (Gerindra) 51.187 suara
Sarce Bandaso (PDIP) 46.321 suara
Devy Bijak (Demokrat) 45.790 suara
Mitra Fachruddin (PAN) 44.400 suara
Eva Rataba (Nasdem) 44.247 suara

*Data diolah dari hasil rekapitulasi KPU Sulsel

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar