THR tersebut diharapkan bermanfaat bagi seluruh pegawai, terlebih untuk persiapan lebaran. Pegawai bisa memanfaatkan uang yang diterima untuk berbagai keperluan.
Sampit (ANTARA) - Kabar gembira bagi tenaga kontrak daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, karena tahun ini mereka juga akan kebagian tunjangan hari raya (THR) dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"THR untuk 2.675 orang tenaga kontrak daerah juga sudah diusulkan dan Alhamdulillah sudah disetujui bupati. Nanti tenaga kontrak daerah akan menerima THR Rp1 juta per orang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur Alang Arianto di Sampit, Kamis (16/5).

Pemberian THR kepada pegawai merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan dan membantu pegawai mempersiapkan diri menghadapi lebaran. Tidak hanya pegawai yang berstatus pegawai negeri sipil, tetapi juga tenaga kontrak daerah akan mendapatkan THR meski besarnya tidak sama seperti pegawai negeri sipil.

THR tersebut diharapkan bermanfaat bagi seluruh pegawai, terlebih untuk persiapan lebaran. Pegawai bisa memanfaatkan uang yang diterima untuk berbagai keperluan.

Alang menambahkan, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan seluruh pegawai. Sebagai timbal baliknya, pegawai diharapkan bekerja lebih giat dalam melayani masyarakat dan menjalankan program pembangunan agar sesuai harapan masyarakat.

"Mudah-mudahan pembayaran THR nanti berjalan lancar. Mudah-mudahan bermanfaat dan membawa berkah," kata Alang.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kotawaringin Timur Poraktina Ike Heritha membenarkan rencana realisasi THR tidak hanya untuk pegawai negeri sipil, tetapi juga kepada tenaga kontrak.

Pemerintah daerah mengalokasikan anggaran sebesar Rp26.246.383.363 untuk pembayaran THR 5.721 orang PNS. Sedangkan untuk membayar THR 2.675 tenaga kontrak, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp2.675.000.000 dengan nominal setiap tenaga kontrak menerima Rp1 juta.

Poraktina menambahkan, jika tidak ada kendala, pemberian THR itu akan direalisasikan pada 24 Mei nanti. THR akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing pegawai.

Sementara itu, rencana pemberian THR untuk tenaga kontrak daerah itu disambut gembira. Mereka sangat berterima kasih dan berharap realisasinya tidak ada kendala.

"Saya sebagai tenaga kontrak daerah sangat bersyukur sekali, karena tahun-tahun sebelumnya kami sebagai tenaga kontrak daerah tidak pernah mendapatkan tunjangan hari raya tersebut," kata Rahmat Hidayat, salah seorang tenaga kontrak.

Pria yang bertugas di Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur itu menilai THR sebesar Rp1 juta yang akan diterima itu sudah cukup besar dan sangat membantu para tenaga kontrak daerah dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan dan untuk persiapan lebaran. Dia berharap THR tersebut berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Pewarta: Kasriadi/Norjani
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019