Pelaihari (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan kondusivitas di wilayah tersebut dapat terjaga salah satunya berkat dimotori ulama dan tokoh-tokoh yang ada lainnya.

"Kondusivitas yang terjaga saat ini di wilayah kita berkat dimotori para ulama dan tokoh-tokoh yang ada lainnya. Tentu silaturahim harus terus terjalin, salah satunya melalui Safari Ramadhan ini," kata Kapolda Kalsel itu , Kamis, pada Safari Ramadhan ke Polres Tanah Laut.

Dia pun mengapresiasi atas jalannya pesta demokrasi yang berlangsung aman. Diharapkan kondusivitas ini terus terjaga dan Ramadhan dapat dilalui dengan penuh ketentraman dan kedamaian.

"Menjaga situasi kamtibmas tidak bisa hanya dilakukan oleh Polri, namun memerlukan keterlibatan seluruh elemen masyarakat," kata dia.



 


Kapolda pun mengajak seluruh tokoh yang ada untuk terus menggaungkan semangat persatuan dan menyudahi segala bentuk perbedaan saat Pemilu lalu.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga memberikan bingkisan secara simbolis kepada perwakilan ulama, anak yatim hingga tukang ojek sebagai wujud terima kasih sekaligus rasa syukur atas limpahan berkah rezeki dari Allah SWT.

Sementara Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan  memastikan suasana sejuk di wilayahnya pada Pemilu lalu berkat kebersamaan seluruh elemen masyarakat yang berkomitmen menjaga persatuan.

"Kita berdoa bersama agar tahapan pemilu yang kini tinggal penghitungan suara di tingkat nasional dapat selesai dengan suasana kondusif, sehingga pembangunan dapat berjalan untuk mensejahterakan masyarakat," kata dia.

Suasana dingin yang terjaga, tambah Kapolres, juga tak lepas dari peran media yang selalu memunculkan berita-berita menyejukkan dan memberikan pencerahan kepada masyarakat.

"Yang panas-panas itu hanya di media sosial. Apalagi dengan munculnya hoaks-hoaks. Namun alhamdulilah, masyarakat di sini tidak mudah terpengaruh dan para tokoh agama bisa memberikan pencerahan kepada umat, termasuk peran media juga mendinginkan dan meluruskan berita bohong," kata dia.

Safari Ramadhan oleh Kapolda Kalsel itu turut dihadiri jajaran satuan kewilayahan sekitar seperti Kapolres Tanah Bumbu AKBP Kus Subiyantoro dan Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto.

Segenap tokoh masyarakat dan tokoh agama pun hadir, termasuk Ketua KPU setempat dan Tim pemenangan partai politik.

Pewarta: Firman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019