Pelindo I Tanjungpinang tingkatkan kapasitas pelayanan jelang mudik

id Jelang mudik

GM Pelindo I Tanjungpinang, Kepri, Arif Indra Perdana, (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - General Manager (GM) Pelindo I Tanjungpinang, Kepulauan Riua (Kepri), Arif Indra Perdana mengatakan menjelang dimulainya arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 H, Pelindo terus berbenah untuk meningkatkan kapasitas pelayanan demi kenyamanan dan keamanan masyarakat yang akan melakukan mudik.

"Pelayanan arus mudik tentu akan sangat sibuk di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. Kami sudah menyiapkan strategi supaya pengguna jasa pelabuhan tetap terlayani dengan baik," ujarnya di Tanjungpinang, Kamis (16/5).

Menurut dia, pada pekan depan pihaknya menargetkan penumpang yang keluar dan masuk penumpang di pelabuhan domestik maupun internasional akan dibedakan.

Pekan depan, tambahnya trestle dermaga internasional juga sudah mulai dibuka. Begitu pula dengan kawasan parkir di area internasional akan turut difungsikan pada waktu yang bersamaan.

"Tentunya dengan kembali normal akses internasional dan domestik akan meningkatkan pelayanan menjelang arus mudik lebaran," ucapnya.

Ia melanjutkan pihaknya juga sudah menambah tenaga pengamanan di kawasan pelabuhan. Kebijakan tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti praktik calo tiket yang meresahkan masyarakat sebagai pengguna jasa pelabuhan.

"Kami tentunya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik," ungkap Arif.

Selain itu, untuk peningkatan pengamanan dalam waktu dekat juga akan dibangun posko pengamanan arus mudik di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. Yakni dengan melibatkan pihak kepolisian, Pelindo, KSOP, dan Dinas Perhubungan. Pihaknya juga meminta operator kapal memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Dari waktu ke waktu kami terus berbenah di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. Apalagi sekarang ini sudah dijadikan sebagai pelabuhan pilot project nasional," ujarnya.

Untuk memperketat pengawasan dan keamanan. Pihaknya sudah menyebar belasan Circuit Close Television (CCTV) di sepanjang area Pelabuhan SBP Tanjungpinang. Bukan hanya Pelindo yang memasang (CCTV), tetapi ada juga pihak kepolisian, imigrasi, dan KSOP Tanjungpinang.

"Alat pengintai tersebut terpasang di depan pintu masuk pelabuhan sampai di sudut-sudut tersembunyi," sebut Arif.

Pewarta : Ogen
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar