Lhokseumawe, Aceh (ANTARA) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menyiapkan uang pecahan rupiah untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri 1140 Hijriah, sebesar Rp1,62 triliun.

"Untuk kebutuhan uang pecahan rupiah menjelang hari Raya Idul Fitri, di wilayah kerja KPw BI Lhokseumawe yang mencakup 10 kabupaten/ kota di wilayah Provinsi Aceh, kami menyiapkan uang dengan berbagai jenis nominal sebesar Rp1.62 triliun,” kata Yufrizal Kepala KPw Bank Indonesia Lhokseumawe, Selasa.

Sebutnya, untuk waktu penukaran sendiri, BI dan juga sejumlah perbankan lainnya di wilayah kerja Lhokseumawe sudah terlayani seperti biasa. Akan tetapi untuk memudahkan masyarakat yang ingin menukarkan uang rupiahnya dengan berbagai pecahan nominalnya, maka nantinya akan dilakukan waktu penukaran bersama.

"Kebutuhan uang pecahan rupiah dengan berbagai jenis nominal tentu sangat besar menjelang hari raya. Oleh karena itu, untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan uang pecahan rupiah tersebut, maka akan melakukan penukaran bersama oleh perbankan yang ada di Lhokseumawe yang direncanakan akan digelar mulai tanggal 27 hingga 29 Mei,” katanya.

Oleh karena itu, diharapkan melalui pelayanan dimaksud, Kantor Perwakilan BI Lhokseumawe dan sejumlah perbankan yang ada di Lhokseumawe, dapat memberikan service excellent, dalam membantu masyarakat guna memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil.

Tambahnya, kegiatan penukaran uang rupiah tidak hanya dilayani oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia, namun juga dilayani oleh perbankan lain. Hal itu sesuai dengan amanat UU Mata Uang No.7 tahun 2011 : BAB 5 Penukaran Uang Pasal 22 : ayat 4, tutup Yufrizal.

Baca juga: BI Aceh luncurkan informasi harga pangan

Baca juga: Mie Caluk Aceh sajian khas berselera pada Ramadhan

Pewarta: Mukhlis
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019