Pontianak (ANTARA) - Kusnadi yang kesehariannya berprofesi sebagai penjaga malam Bank Kalbar di Kecamatan Serawai, terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Sintang dari dapil Sintang 5, Serawai Ambalau.

Dihubungi Antara di Sintang, Sabtu, Kusnadi menceritakan upayanya berjuang untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Sintang.

Ia mengaku, sebenarnya tidak menyangka berhasil lolos ke parlemen. Sebab, dia bukanlah caleg yang memiliki banyak dana untuk mensosialisasikan diri ke masyarakat.

Hanya saja, investasi sosial ternyata telah dilakukannya sejak tahun 2012. Sejak itu, ia bekerja sebagai penjaga malam di Bank Kalbar Kecamatan Serawai.

Selama menjadi penjaga malam, ternyata Kusnadi selalu membantu masyarakat di Kecamatan Serawai dan Ambalau. Uniknya, bentuk bantuan Kusnadi adalah membantu masyarakat yang ingin mentransfer uang untuk anaknya.

"Biasanya kalau ada orang dari desa ingin transfer di bank saya bantu. Dari pada orang tersebut turun ke kecamatan yang makan biaya banyak, maka saya talangi dulu uang untuk ditransfer ke anaknya," katanya.

Diceritakannya, setiap Jumat Kusnadi menyisihkan dana sebesar Rp1 juta di rekening ATM miliknya. Sehingga jika ada masyarakat yang meminta tolong untuk transfer dana ke anaknya pada Sabtu atau Minggu, langsung dibantunya.

"Jadi saya talangi dulu pakai uang saya untuk transfer ke anaknya kalau ada orangtua yang minta bantuan transfer dana ke anaknya. Nanti jika orang tersebut sudah sempat ke kecamatan baru dibayar, " katanya.

Kebiasaan berbuat baik dengan menolong orang lain inilah, akhirnya Kusnadi dikenal masyarakat. Kebaikannya pun akhirnya berbuat manis ketika dirinya mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sintang.

"Saya bersyukur, saya terpilih menjadi anggota dewan," tuturnya.

Kusnadi, pria kelahiran 10 Oktober 1983 ini mengatakan, awalnya banyak orang yang meremehkan dan menganggapnya tidak mungkin terpilih sebagai anggota dewan. Hal itu mengingat bagaimana pekerjaannya hanya seorang penjaga malam.

Belum lagi, Kusnadi harus menghadapi lawan politik yang kuat dan ketokohan maupun finansial yang jauh dari kemampuan dirinya sendiri.

Dengan modal keyakinannya yang kuat dan selalu berusaha agar bisa meraih impiannya untuk duduk di kursi parlemen.

Dari hasil penghitungan suara pleno terbuka tingkat Kabupaten Sintang pada Selasa (7/5) lalu, ia berhasil memperoleh 2.065 suara dan menghantarkannya menjadi anggota legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 5 yang meliputi Kecamatan Serawai dan Ambalau.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo/Tantra
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019