Manokwari (ANTARA) - Filep Wamafma untuk sementara meraup dukungan tertinggi pada perebutan kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di daerah pemilihan Provinsi Papua Barat.

Hasil rekapitulasi sementara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat calon anggota DPD nomor urut 23 tersebut sudah mengakumulasi dukungan sebanyak 24.454 dari empat kabupaten.

Empat daerah yang sudah menyampaikan hasil rekapitulasi pada pleno KPU Provinsi Papua Barat yakni Kabupaten Teluk Wondama, Raja Ampat dan Kaimana. Pegunungan Arfak memberi sokongan tertinggi yakni 16.221 suara.

Di bawah Filep Wamafma terdapat Yance Samonsabra. Nomor urut 30 ini ini sementara sudah mengakumulasi dukungan sebanyak 19.951 suara. Selanjutnya nomor urut 26 Mamberop Rumakiek dengan 12.600 suara dan nomor urut 27 atas nama Sanusi Rahaningmas yang meraup 10.530 suara.

Pleno rekapitulasi suara yang digelar di salah satu hotel di Manokwari tersebut masih berlangsung. Masih ada delapan kabupaten satu kota yang belum menyampaikan hasil rekapitulasi.

Pantauan Antara, pleno ini dikawal ketat aparat keamanan dari Polres Manokwari dan dibantu Polda Papua Barat. Hingga hari kedua, pleno berjalan lancar dan aman.

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Harry Rudolf pada hari kedua ini turun langsung memantau pelaksanaan pleno.

"Puji Tuhan sejuah ini Papua Barat aman. Tahapan sudah berada di tingkat provinsi, dari pengawasan kami dari tingkat bawah hingga provinsi semua berjalan lancar. Cukup dinamis di beberapa daerah tapi semua berlangsung aman," kata Kapolda.

Pewarta: Toyiban
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019