Forum Lembaga Usaha Penanggulangan Bencana dikukuhkan kepala BNPB

id Forum Lembaga Usaha,Penanggulangan Bencana,BNPB,Doni Monardo,pentahelix

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat mengukuhkan Forum Lembaga Usaha Penanggulangan Bencana di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/5/2019). (FOTO ANTARA/Dewanto Samodro)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengukuhkan Forum Lembaga Usaha Penanggulangan Bencana yang merupakan perkumpulan perusahaan-perusahaan yang memberi perhatian terhadap penanggulangan bencana di Indonesia.

"Penanggulangan bencana adalah urusan semua pihak," katanya sebelum mengukuhkan Forum Lembaga Usaha Penanggulangan Bencana dalam diskusi kesiapsiagaan bencana untuk sektor pariwisata di Graha BNPB, Jakarta, Senin.

BNPB telah merumuskan pendekatan tata kelola "pentahelix" dengan mengajak lembaga usaha, masyarakat, perguruan tinggi atau pakar kebencanaan dan media massa.

Sebelum Forum Lembaga Usaha Penanggulangan Bencana, telah dibentuk Forum Perguruan Tinggi dan Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia mewakili perguruan tinggi dan pakar kebencanaan, Dharma Relawan Adhirajasa mewakili masyarakat dan sukarelawan serta Forum Media Massa mewakili media massa.

Forum Lembaga Usaha Penanggulangan Bencana dibentuk untuk membangun sinergi, kolaborasi dan memaksimalkan peran dan fungsi pentahelix dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Forum tersebut juga untuk membangun kesiapsiagaan terhadap bencana guna melindungi kepentingan bisnis perusahaan dan para pekerjanya.

Forum Lembaga Usaha Penanggulangan Bencana memiliki visi mewujudkan ketangguhan bangsa melalui sinergi dan kolaborasi lembaga usaha dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Misi forum tersebut adalah membangun koordinasi dan kemitraan antara lembaga usaha dengan pemerintah dan masyarakat di tingkat nasional dalam penanggulangan bencana, melaksanakan aksi bersama untuk mendukung upaya pengurangan risiko bencana di Indonesia, dan meningkatkan kapasitas lembaga usaha dalam melakukan kegiatan prabencana, tanggap darurat bencana dan pascabencana. 

Baca juga: BNPB gandeng lintas sektor sederhanakan informasi bencana

Baca juga: BNPB: Desa merupakan ujung tombak penanggulangan bencana

Baca juga: BNPB targetkan 50 juta orang ikut simulasi kesiapsiagaan bencana

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar