Unja terus mempersiapkan sumber daya manusia yang produktif dengan menciptakan wisudawan yang mampu berkompetisi
Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi (Unja) mewisuda sebanyak 1.027 lulusan program diploma, sarjana, profesi, magister, dan doktor angkatan ke-86 yang digelar di Balairung Kampus Pinang Masak Mendalo, Muarojambi, Jambi, Sabtu.

Wisuda perguruan tinggi tersebut digelar dalam sidang senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-56 dan wisuda angkatan ke-86 yang dipimpin Rektor Unja Prof Johni Najwan, SH, MH, Ph.D dan dihadiri pejabat, termasuk Deputi Badan Intelijen Negara (BIN) serta para anggota senat perguruan tinggi tersebut.

"Unja terus mempersiapkan sumber daya manusia yang produktif dengan menciptakan wisudawan yang mampu berkompetisi," kata Johni Najwan.

Rektor berpesan kepada para wisudawan untuk mempersiapkan diri supaya mampu berkompetisi dalam persaingan saat ini yang semakin ketat dengan meningkatkan kualitas diri dimana pun berada, sehingga memiliki daya saing.

"Tentunya juga wisudawan agar tidak lupa dan menjaga nama baik almamater, dan ikut berperan serta dalam program-program pembangunan," katanya lagi.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan sejumlah capaian kinerja, antara lain peningkatan kualitas dan pembelajaran sehingga tercapai kualitas belajar mahasiswa dan mutu yang ideal menghasilkan insan paripurna.

Peserta wisuda angkatan ke-86 sebanyak 1.027 lulusan itu, terdiri atas program doktor (S3) empat orang, magister (S2) 102 orang, profesi Ners 12 orang, profesi dokter 66 orang, sarjana (S1) 813 orang, dan program Diploma IV tiga orang, serta Diploma III 27 orang.

Sedangkan jumlah peserta wisuda menurut asal fakultas, yaitu Ekonomi Bisnis 124 orang, Hukum 124 orang, FKIP 244 orang, Pertanian 66 orang, Peternakan 40 orang, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 87 orang.

Kemudian Fakultas Sains dan Teknologi 64 orang, Ilmu Budaya 17 orang, Fisipol 46 orang, Kehutanan 32 orang, Ilmu Keolahragaan 16 orang, Teknologi Hasil Pertanian 29 orang, dan Pascasarjana 106 orang.

Saat ini Unja sebagai perguruan tinggi negeri tertua di Provinsi Jambi memiliki 14 fakultas dan 88 program studi.

Sementara itu, dalam rangka menghasilkan lulusan unggul dan kompeten dan berdaya saing serta dibutuhkan dunia kerja, Unja secara intensif melakukan kegiatan bimbingan dan "try out" sertifikasi kompetensi.

Rektor menyatakan, jumlah total peserta uji kompetensi pada tahun 2018 sebanyak 204 orang. Dari jumlah tersebut yang dinyatakan lulus sebanyak 144 orang atau sebesar 35,38 persen.

Upaya peningkatan lulusan bersertifikat kompeten yang paling mendasar adalah memasukkan syarat-syarat sertifikasi kompetensi ke dalam bahan kajian pada mata kuliah yang menunjang profesi, demikian Johni Najwan.

Baca juga: 8 mahasiswa ASEAN mengajar di Jambi

Baca juga: Dubes Inggris beri kuliah umum di UNJA

Baca juga: Fadli Zon ajak wisudawan Unja berani berwirausaha


Pewarta: Syarif Abdullah dan Gresi Plasmanto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019