Jokowi-Ma'ruf unggul di Kabupaten Kediri

id pilpres 2019,pemilu 2019,kpu kabupaten kediri

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Eka Wisnu Wardana. (Antara Jatim/Asmaul Chusna)

Kediri (ANTARA) - Suara calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin unggul dalam rekapitulasi yang telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur di Pemilu 2019.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Eka Wisnu Wardana mengungkapkan perolehan suara Jokowi-Ma'ruf adalah 815.833 suara. Sedangkan untuk pasangan nomor urut 02, yakni Prabowo Subianto - Sandiaga Uno adalah 173.098 suara.

"Dari hasil rekapitulasi suara pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden unggul. Kami telah selesai melakukan rekapitulasi," katanya di Kediri, Kamis.

Dari hasil rekapitulasi diketahui suara sah 988.981 suara dan yang tidak sah adalah 29.048, sehingga totalnya adalah 1.018.029 suara. Jumlah itu hasil rekapitulasi 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri.

Untuk saat ini, seluruh komisioner KPU Kabupaten Kediri masih melakukan penandatangan berkas. Nantinya dari saksi partai politik akan mendapatkan salinan tersebut.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri Saidatul Umah mengungkapkan proses rekapitulasi tersebut memang sudah dijadwalkan dimana untuk 26 kecamatan harus selesai dalam tiga hari, Senin (29/4) hingga 1 Mei 2019. Hal itu juga membuat proses rekapitulasi berlangsung bahkan hingga dini hari.

Pihaknya mengakui dalam proses rekapitulasi sebenarnya berjalan lancar. Beberapa masalah juga bisa diselesaikan misalnya data antara milik PPK dengan Bawaslu yang ternyata tidak cocok. Setelah dicari, akhirnya bisa diperbaiki lagi.

"Sementara tidak ada kendala berat. Ada beberapa data dari Panwas dan PPK yang tidak sama, setelah disinkronkan dahulu sudah selesai," kata dia.

Di Kabupaten Kediri, jumlah DPT yang telah ditetapkan mencapai 1.200.733 pemilih yang tersebar di 5.511 TPS seluruh wilayah kabupaten. Jumlah ini terdiri dari 602.058 pemilih laki-laki dan 598.675 pemilih perempuan.

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar