BPBD Pasuruan evakuasi korban banjir

id Banjir Pasuruan

Puluhan truk dan kendaraan bermotor terjebak antrean akibat banjir yang menggenangi kawasan Jalan Raya Pantura Kraton, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (29/4/2019). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Pasuruan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur bersama dengan pemangku kepentingan daerah setempat terus berupaya mengevakuasi korban banjir yang terjadi di wilayah setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Bakti Jati Permana di Pasuruan, Senin mengatakan, pihaknya dibantu dengan muspika, pemdes dan relawan, melakukan pertolongan, penyelamatan dan evakuasi.

"Untuk dapur umum dibuka di PMI, PKK desa dan dinsos," katanya di Pasuruan.

Ia mengemukakan, sampai dengan sore ini yang terpantau masih terjadi genangan air berasa di Kecamatan Grati, Kecamatan Beji, Kecamatan Gempol dan juga ada di Kecamatan Rejoso.

"Seperti di Kecamatan Rejoso terdapat beberapa desa yang terendam banjir dengan ribuan keluarga yang terdampak, di antaranya Desa Manikrejo sebanyak 175 Keluarga, Desa Karangpandan sebanyak 512 keluarga dan juga Desa Sambirejo sebanyak 300 keluarga," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini juga terus siaga mengingat potensi terjadinya hujan di wilayah setempat bisa terjadi.

"Kami terus siaga untuk memberikan pertolongan kepada warga," katanya.

BMKG sebelumnya telah memprediksikan akan terjadinya potensi hujan deras yang akan melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur termasuk salah satunya berada di Kabupaten Pasuruan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, mengatakan, untuk wilayah Pasuruan dan juga Jawa Timur masih berpotensi pada beberapa hari ke depan.

"Mengingat saat ini pada masa fase basah, selain itu juga terdapat pusaran 'Eddy' di utara pulau Jawa yang menyebabkan konvergensi di wilayah Jawa Timur sehingga memperkuat potensi pembentukan awan - awan konvektif penyebab hujan lebat," katanya di Sidoarjo.

Baca juga: 11 wilayah Pasuruan terendam banjir

Baca juga: Polisi alihkan pengendara melalui Arteri Porong akibat banjir

Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar