Tokyo (ANTARA) - Jepang memperluas pencarian satu jet tempur siluman F-35 yang hilang pada Kamis dengan menggunakan kapal survei maritim yang bergabung dengan kapal angkatan laut dan tim penyelamatan Angkatan Laut Amerika Serikat yang diharapkan tiba di kawasan  pesawat tersebut hilang, dalam beberapa hari ke depan, kata seorang juru bicara Angkatan Udara Jepang.

Hanya bagian-bagian kecil ekor pesawat Pasukan Pertahanan Bela Diri Udara Jepang telah ditemukan sejak jet canggih itu hilang dari layar radar dalam latihan dengan tiga pesawat F-35 lainnya di atas Pasifik, dekat barat laut Jepang, pada 9 April lalu.

"Pesawat dan pilot-pilotnya masih hilang," kata juru bicara angkatan udara, dan menambahkan, para penyelidik belum dapat mengungkapkan nasib pesawat yang hilang itu.

Kapal-kapal pencari yang dilengkapi dengan peralatan sonar yang dapat menjangkau 1.500 meter di dasar laut dalam, tempat pesawat F-35 itu mungkin berada.

Awak kapal penyelamatan dari AL Amerika Serikat akan tiba menumpang kapal konstruksi dan dukungan penyelaman komersial, DSCV Van Gogh, membantu mencari satu kawasan sekitar 17.150 km persegi, demikian Armada Ketujuh AS dalam satu siaran pers.

Kapal-kapal penjaga pantai Jepang memperingatkan kapal-kapal lain agar menjauh dari kawasan itu, yang berada di perairan internasional, kata juru bicara angkatan udara.

Sumber: Reuters
Baca juga: Jet tempur canggih Jepang ditemukan jadi puing
​​​​​​​Baca juga: Jepang akan beli lagi jet-jet tempur siluman buatan Amerika Serikat
 

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019