Jakarta (ANTARA) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menggelar Khatam Fest pada Bulan Ramadan di tujuh kota besar Indonesia untuk meningkatkan keimanan umat melalui khatam Qur'an, sekaligus perekonomian umat berbasis masjid dan wisata religi.

"Ini acara yang sangat positif bagi pemuda dan remaja masjid yang ada di berbagai kota di Indonesia, " kata Wakil Ketua Umum DMI Haji Syafruddin dalam pernyataan resminya, usai menerima pengurus ISYEF di Jakarta, Jumat.

Menurut Syafruddin yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini, melalui kegiatan itu diharapkan pemuda dan remaja masjid dapat meningkatkan kemampuan ilmu agama sekaligus mengembangkan jiwa wirausaha berbasis masjid.

"Saya akan hadir nanti di beberapa kota bersama para menteri yang juga menteri dalam pemerintahan saat ini seperti Sofyan Djalil dan Rudiantara," kata Haji Syafruddin.

Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) adalah organisasi kepemudaan binaan Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang akan bertindak sebagai pelaksana dari kegiatan yang diagendakan pada 11 Mei hingga 25 Mei 2019.

Waketum DMI juga mengingatkan agar penyelenggaraan Khatam Fest juga melibatkan ustaz-ustaz DMI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Khatam Fest harus libatkan juga ustaz-ustaz DMI di daerah. DMI memiliki banyak ustaz bagus dan berkualitas yang tersebar di berbagai daerah," ujarnya.

Penyelenggaraan Khatam Fest akan berlangsung di Kota Aceh, Medan, Surabaya, Bandung, Makassar, Banjarmasin dan Ambon. "Bandung adalah menjadi kota pertama," katanya.

Salah satu perwakilan dari ISYEF, Dimas Candrika menyebutkan, kegiatan itu selain untuk meningkatkan keimanan umat melalui khatam Qur'an juga untuk meningkatkan perekonomian umat berbasis masjid serta wisata religi.

"Dengan adanya Khatam Fest kami ingin memperkenalkan ISYEF Point sebagai wadah ekonomi keumatan berbasis masjid dan juga wisata religi masjid," katanya.

ISYEF juga akan mengadakan beberapa pelatihan pemberdayaan ekonomi bagi marbot dan pemuda masjid selama penyelenggaraan Khatam Fest agar agenda itu dapat dinikmati seluruh umat.

ISYEF menggandeng Tawaf Tv yang akan menyiarkan secara langsung penyelenggaraan festival ini dengan target peserta setidaknya seribu orang akan hadir dan mengikuti kegiatan itu.




 

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019