256 peserta adalah utusan 80 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia
Makassar (ANTARA) - Sebanyak 80 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia mengirimkan para wakil terbaiknya untuk bersaing di Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) Perguruan Tinggi di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, pada 26-29 April 2019.

"256 peserta utusan 80 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia ambil bagian dalam ON MIPA 2019," kata Ketua Panitia yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan alumni UMI, Prof Dr La Ode Husen di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan, ratusan mahasiswa dari 80 PT itu telah hadir di Kota Makassar sejak Kamis  25 April 2019.

Pihak panitia juga sudah melakukan persiapan dengan matang termasuk menyambut kedatangan para utusan mulai dari bandara hingga selama mengikuti kegiatan ON MIPA hingga kembali ke wilayah masing-masing

Guru Besar Fakultas Hukum ini melanjutkan, olimpiade nasional MIPA ke-11 merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti dalam bidang Matematika, Kimia,  Fisika dan Biologi

"Tentu kepercayaan ini Insya Allah akan kami laksanakan dengan baik. Alhamdulillah UMI dipercaya sebagai tuan rumah, baik event nasional maupun internasional dan berjalan sukses, demikian kepercayaan dari pemerintah, khususnya dari kemenristekdikti," ujarnya.

Untuk acara pembukaannya, sesuai rencana siap dibuka oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof Dr Ismunandar di Auditorium Al Jibra UMI, Jumat malam.

Disinggung tentang acara pembukaan, Alumni Fakultas Hukum UMI ini menguraikan bahwa tamu akan disuguhkan penampilan budaya dari Sulawesi Selatan yakni angngaru, tari pattuddu (tari menyambut para tamu kehormatan), pepe pepe ri makka dan juga kreasi dari penampilan Paduan Suara Mahasiswa dan Hadrah Marawis UMI yang juga telah menorehkan prestasi di luar.

"Insya Allah kami akan berusaha untuk menampilkan yang terbaik dan memberikan hiburan kepada tamu khususnya dari luar Sulawesi," sebut dia.

Untuk ON MIPA Tahun 2019, Universitas Muslim Indonesia mengikutkan dua orang mahasiswa yang lolos tahap seleksi dalam lingkup Wilayah IX Sulawesi. UMI sebutnya, adalah PTS yang terbanyak lolos dalam seleksi tahap kedua di wilayah IX Sulawesi.

Dua orang mahasiswa UMI, masing-masing Yulia Nuhra (Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI) lolos bidang Biologi dan Muhammad Imam Arif (Mahasiswa Fakultas Teknik UMI) lolos bidang Fisika.

  
Baca juga: Seleksi Olimpiade Nasional MIPA di UMP diikuti ratusan mahasiswa
Baca juga: ITB raih medali terbanyak di Olimpiade Nasional MIPA
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019