Nganjuk (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Nganjuk, Jawa Timur, menangani kecelakaan antara truk tronton dengan mobil Toyota Hiace di KM 638.400 jalur A Tol Madiun - Nganjuk, hingga menyebabkan lima orang meninggal dunia.

Kanit Laka Lantas Polres Nganjuk Ipda Sugino, Jumat mengemukakan kecelakaan itu terjadi dari mobil Toyota dengan nomor polisi H 1138 VS melaju dari dari barat ke timur. Sesampai KM 638.400 jalur A, mobil tersebut menabrak dari belakang truck tronton dengan nomor polisi L 9888 UG tersebut.

"Dari hasil analisa kami, semula kendaraan Toyota ini berjalan di lajur kiri kecepatan 90-100km/jam. Di depannya juga melaju truk tronton tersebut. Kecelakaan ini terjadi diduga karena pengemudi mengantuk dalam perjalanan dari Yogyakarta tujuan Jombang," katanya di Nganjuk, Jumat.

Kejadian kecelakaan tersebut di jalan tol Madiun-Nganjuk, pada Jumat dini hari. Truk tersebut disopiri oleh M Khamdi (34), warga Desa Sengonbugel, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara dengan kenek bernama Wahyu Utomo Sujarwoko, yang masih satu desa dengan sopir truk tersebut.

Sedangkan mobil tersebut dikemudikan oleh Zuhdi Fikri (24), warga Nganjuk. Ia meninggal dunia dalam kejadian kecelakaan tersebut. Selain itu, ada empat orang yang juga meninggal dunia, yakni Badiatul Muawiyah (22), warga Sumenep, Madura, Syamsul Huda (23), warga Palembang, Agustia Ningsih (22), warga Pontianak dan Sulaimatul Azizah (22), Palembang.

Selain itu, juga terdapat sejumlah penumpang yang mengalami luka-luka, di antaranya Nur Irfa Maaliyah (22), warga Subang, Jawa Barat, Fitriana Dewi (25), warga Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Bilqis Fatimatus A (22), warga Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Miftahul Binti W (22), warga Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri dan Miftahul Mulya (22), warga Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

Dalam insiden kecelakaan itu, juga terdapat penumpang yang berhasil selamat, yakni Yusuf Yusian (22), warga Kanciran, Kendal, Jawa Tengah. Sehingga secara total, ada lima orang meninggal, lima orang luka-luka serta seorang berhasil selamat.

Kecelakaan itu juga mengakibatkan kendaraan rusak berat. Untuk Hiace rusak bagian depan sedangkan truk rusak bagian lampu belakang sebelah kanan.

Petugas mendatangi lokasi kejadian dengan pihak pengelola Tol JNK (Derek dan Patroli) dan langsung menolong korban dengan membawa mereka ke Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk.

"Petugas juga sudah mengamankan arus lalu lintas di lokasi kejadian, olah TKP, serta meminta keterangan sejumlah saksi. Kendaraan juga dievakuasi," kata dia.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019