Lanud Supadio prioritaskan program "Road to Zero Accident"

id Lanud Supadio,HUT ke-73 TNI AU

Para personil TNI AU Lanud Supadio mengikuti upacara memperingati HUT ke-73 TNI di Sungai Raya, Selasa (9/4). (Foto: Istimewa)

Pontianak (ANTARA) - TNI AU Lanud Supadio berkomitmen untuk memprioritaskan program "road to zero accident" dalam memaknai peringatan HUT ke-73 TNI AU.

"Beberapa program prioritas TNI Angkatan Udara yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019 adalah melanjutkan program road to zero accident untuk mempertahankan zero accident, mempercepat program pengadaan alutsista, memperkuat organisasi dan sistem pertahanan udara, serta pembangunan Network Centric Warfar," kata Komandan Wing 7 Kolonel Pnb Radar Soeharsono, saat membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, pada upacara memperingati HUT ke-73 TNI di Sungai Raya, Selasa.

Upacara diikuti seluruh anggota militer dan Pegawai Negeri Sipil Lanud Supadio, Yonko 465 Paskhas dan Denhanud 473 Paskhas.

Upacara yang dilaksanakan secara sederhana namun penuh khidmat di hari jadi ke-73 TNI AU itu mengusung tema "Berlandaskan jiwa professional, militan, inovatif, dan kemanunggalan bersama rakyat, TNI AU siap melaksanakan tugas matra udara dalam mendukung tugas pokok TNI".

KSAU menyampaikan bahwa TNI Angkatan Udara akan membentuk satuan baru yakni Skadron Udara 33, Skadron Udara 27, Satrudal Pam Ibukota, serta 3 Detasemen Hanud di Lanud Iswahjudi Madiun, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, serta Lanud Raden Sjadad Ranai.

Beberapa Lanud juga akan ditingkatkan menjadi tipe A, yakni Lanud SMO, ELI, SRI, berikutnya Lanud tipe C akan dibangun di Batam, Saumlaki, Wamena, serta ditambah Pos Angkatan Udara di Sorong.

Dikatakannya, program prioritas TNI Angkatan Udara lainnya adalan penyiapan latihan Angkasa Yudha 2019, peningkatan kemampuan Night Combat, pelaksanaan operasi kehadiran alutsista TNI Angkatan Udara di seluruh wilayah Tanah Air, peningkatan kualitas dan transparansi rekrutmen prajurit.

Selain itu, TNI AU juga akan selalu melakukan evaluasi piranti lunak logistik TNI Angkatan Udara yang tidak sesuai, dan peran aktif dalam penyusunan RUU pengelolaan Ruang Udara Nasional atau PRUN.

Radar menambahkan, untuk rangkaian acara HUT ke-73 TNI Angkatan Udara khususnya di Lanud Supadio akan dilanjutkan dengan kegiatan yang tak kalah meriah, yakni Supadio Open Base dengan menggelar Air Force Run, Flypass pesawat tempur Hawk, terjun payung, pemilihan Putra dan Putri Dirgantara.

"Selain itu, akan ada juga lomba fotografi, lomba mewarnai, lomba ketangkasan baris berbaris, lomba kicau burung, yang akan dipusatkan di apron hangar lama Lanud Supadio pada 28 April mendatang," katanya.

Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar