Jakarta (ANTARA) - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Yayasan Bela Negara Nasional Indonesia atau Beneran Indonesia menyelenggarakan serangkaian kegiatan kampanye sosial bertemakan #GuePilihPeduli yang bertujuan mengedukasi pemilih pemula.

"Rangkaian kegiatan kampanye sosial #GuePilihPeduli ini adalah bagian dari upaya Beneran Indonesia untuk mendorong generasi muda untuk memiliki kepedulian terhadap isu demokrasi dan ikut aktif dalam kegiatan Pemilihan Umum yang akan berlangsung sebentar lagi," ujar seorang pendiri Yayasan Beneran Indonesia, Avia Destimianti, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Rangkaian kegiatan ini terdiri dari edukasi literasi digital melalui media sosial, simulasi pemilihan umum ke 3 sekolah di Jakarta dan puncaknya, kegiatan dengan format “Amazing Race” yang diberi nama Aku Cinta Indonesia (ACI) pada hari Sabtu, tanggal 6 April 2019.

Peserta yang terdiri dari 150 siswa siswi SMA dan sederajat dari wilayah Jabodetabek ini diajak untuk memainkan berbagai permainan secara kekinian dan interaktif di beberapa tempat yang iconic dan memiliki nilai historis, yakni di Museum Nasional, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, dan Museum Keramik. Para peserta yang tergabung dalam beberapa kelompok ini mengikuti berbagai kuis interaktif, mini games.

Setelah memperoleh wawasan melalui berbagai permainan yang diikuti, seluruh peserta diberikan proyek sosial untuk menemui warga di sekitar Kota Tua. Tujuannya untuk memberikan edukasi mengenai pemilihan umum.

“Kegiatan edukasi melalui permainan kekinian dan interaktif ini bukanlah yang pertama diselenggarakan oleh Yayasan Beneran Indonesia. Setelah antusiasme peserta Aku Cinta Indonesia (ACI) di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, kegiatan ini yang mengambil tema #GuePilihPeduli ini pun diharapkan menjadi “ruang perjumpaan” di tengah segregasi yang terjadi di sekolah-sekolah," kata Avia lagi.***3***

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019