Presiden Iran instruksikan pengiriman bantuan ke daerah banjir

id Banjir Iran,Seruan Presiden Iran,Pengerahan sumber daya

Seorang pria membawa harta bendanya setelah terkena banjir di provinsi Mazandaran, Iran, Jumat (22/3/2019). Gambar diambil 22 Maret 2019. ANTARA FOTO/Tasnim News Agency/via REUTERS/djo

Teheran (ANTARA) - Presiden Iran Hassan Rouhani menginstruksikan menteri dalam negeri dan para gubernur Provinsi Iran Selatan dan Barat agar mengerahkan semua alat dan prasarana untuk menyelamatkan nyawa rakyat yang dilanda banjir.

Rouhani mengeluarkan seruan tersebut setelah sebagian besar provinsi Iran diguyur hujan yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Banjir di sejumlah provinsi telah merenggut sedikitnya 42 nyawa dan melukai banyak orang lagi, kata Kantor Berita Iran, IRNA --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin malam. Sejumlah prasarana kota dan desa, gedung dan lahan pertanian telah rusak akibat banjir besar.

Presiden Iran tersebut di dalam seruannya pada Minggu malam (31/3) juga mendesak para pejabat agar menggunakan kapasitas teknik dan komunikasi untuk mengeluarkan peringatan tepat pada waktunya.

Ia juga mendesak pejabat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hujan lebat dan kemungkinan banjir serta luapan air, terutama di tanggul sungai dan aliran air bendungan, serta luapan air sungai.

Hujan lebat mulai terjadi sejak  28 Maret di Provinsi Iran Utara dan berlanjut selama beberapa hari kemudian di provinsi lain. Sedikitnya 25 provinsi berjuang menghadapi banjir selama hari libur Nowruz, yang menandai Tahun Baru di Iran.

Personel Angkatan Bersenjata Iran telah dikerahkan dalam operasi pertolongan setelah seruan dari Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Sumber: IRNA

Baca juga: AL Iran tingkatkan pertolongan di Golestan, yang dilanda banjir

Baca juga: Palang Merah Inggris tawarkan bantuan untuk korban banjir di Iran

Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar