Anies mengimbau adanya program pencegahan kebakaran di Jakarta Barat

id anies, musrenbang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Barat Tahun 2019, di Ruang MH. Thamrin, Kantor Walikota Jakarta Barat, Selasa. (Foto ANTARA/ Susylo Asmalyah)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau program pencegahan kebakaran di Jakarta Barat mengingat wilayah ini kerap terkena musibah kebakaran.

"Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat perlu segera menghadirkan program pencegahan atau antisipasi rawan kebakaran," kata Anies saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Barat Tahun 2019, di Ruang MH. Thamrin, Kantor Walikota Jakarta Barat, Selasa.

Forum yang berlangsung selama dua hari ini, pada 26-27 Maret 2019, merupakan sarana sinkronisasi dan sinergitas antara aspirasi masyarakat dengan kebijakan Pemerintah.

Hal ini dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 yang bertema “Memacu Pertumbuhan Berkualitas”.

Dia menambahkan bahwa salah satu bentuk pencegahannya adalah dengan memeriksa rumah di semua tempat yang memiliki risiko tinggi terhadap terjadinya kebakaran.

“Petanya itu tadi kita sudah lihat, dari merah sampai hijau, tempat-tempat ini yang punya risiko, (dan) harus kemudian intervensi, (seperti) diberikan dukungan untuk melakukan perbaikan, utamanya listrik, kompor, gas dan lainnya. Pengaturan jaringan listrik yang baik itu bisa dikerjakan cepat,” kata Gubernur.

Anies berharap agar proses Musrenbang Kota Jakarta Barat ini menjadi sarana dalam memberikan kesempatan kepada warga, sebagai pelaku utama pembangunan, untuk menggerakkan potensinya.

Dia menyebut perlu hadirnya kesempatan yang setara bagi semua agar keadilan dirasakan dalam setiap sendi pengelolaan kota, sejak perencanaan hingga implementasinya, dengan mengajak seluruh elemen kota ikut bergerak memberdayakan warga.

"Kita bersama memulai kegiatan penting yang diselenggarakan tahunan, sehingga setiap tahun kita harus secara serius menginventarisir PR-PR yang harus diselesaikan," kata Anies.

Jakarta Barat ini kota yang sering mengalami kejadian kebakaran. Karena itu, salah satu program yang harus segera hadir adalah program pencegahan kebakaran.

Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar