Hasil SNMPTN akan diumumkan Jumat (22/3), sebut Kemenristekdikti

id snmptn,seleksi masuk PTN

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof Ismunandar (berbatik biru) saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Prof Ismunandar mengatakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diumumkan pada Jumat.

"Saat ini, para rektor sedang rapat penentuan akhir. Pasti sesuai dengan daya tampungnya," ujarnya disela-sela peluncuran South East Asian Sales Competition (SEASAC) di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan siswa yang diterima SNMPTN diharapkan segera mendaftar ulang. Siswa yang diterima di SNMPTN tidak bisa lagi mendaftar di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pengumuman SNMPTN dimajukan sehari dari jadwal semestinya. Dimajukannya pengumuman ini, dikarenakan proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang satu

Dalam aturan SNMPTN yang baru terdapat beberapa aturan yang baru yakni siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau dua PTN. Kemudian urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Untuk siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Dia juga meminta agar siswa memperhatikan beberapa hal yakni pendaftaran UTBK gelombang satu akan ditutup pada 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB. Kemudian pembukaan pendaftaran UTBK gelombang dua akan dimulai pada hari Senin, tanggal 25 Maret 2019, pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada hari Senin, tanggal 1 April 2019 pukul 22.00 WIB.

Pewarta : Indriani
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar