Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur memperkuat kondisi kelistrikian di Kota Larantuka, Ibu Kota Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores, untuk menyambut perayaan Hari Raya Paskah umat kKatoli di daerah itu.

"Selama sebulan sebelum Paskah ini kami lakukan pengutan kelistrikan di Kota Larantuka, terutama pemeliharaan jaringan distribusi, seperti pemangkasan pohon dan pergantian material," kata General Manager PT PLN (Persero) Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko di Kupang, Rabu.

Pihaknya telah menemui Uskup Larantuka Monsinyur Fransiskus Kopong Kung, beberapa waktu lalu untuk membahas terkait kesiapan PLN menyuplai listrik untuk mendukung rangkaian perayaan Paskah di daerah itu.

Ia mengatakan, perayaan Paskah di Kota Larantuka sudah terkenal hingga ke berbagai belahan dunia dengan ritual kegamaan yang sakral yang dikenal dengan Semana Santa.

Dalam perayaan ini, lanjutnya, masyarakat dari berbagai daerah di Tanah Air maupun mancanegara akan berdatangan dan melakukan berbagai aktivitas yang dipusatkan di Kota Larantuka.

"Sehingga aktivitas warga akan padat di sana, karena itu kami dari PLN siap mendukung dengan memastikan pasokan listrik untuk semua aktivitas di sana bisa berlajan lancar," katanya.

Rendroyoko mengatakan, dari sisi ketersediaan daya, sumber daya manusia, dan aspek pendukung lainnya akan dikerahkan selama sebulan ke depan hingga hari kegiatan untuk meminimalisir ganggungan listrik.

Ia menjelaskan, pengamanan kelistrikan dalam rangkaian kegiataan itu akan diperkuat dengan beberapa sistem, di antaranya dari Penyulang Ekspress Fedeer langsung dari Pusat Listrik Waibalun.

Selain itu, menggunakan Penyulang Kota, dan memperkuat PLTD Isolated Lokea untuk suplay listrik pada lokasi-lokasi perayaan Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, hingga Paskah.

"Kami berharap dengan berbagai persiapan ini nantinya pelaksanaan kegiatan Paskah berjalan lancar, tidak ada gangguan dari sisi pasokan listrik," katanya. (*)
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019