Seperti wilayah Jember, Bondowoso, Lumajang dan juga Probolinggo serta Situbondo
Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, di Sidoarjo, Jawa Timur memprediksikan jika malam ink sejumlah wilayah yang ada di Jawa Timur akan terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang sesuai dengan pantauan citra satelit.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda di Sidoarjo, Teguh Tri Susanto, Selasa, di Sidoarjo mengatakan, wilayah yang berpotensi mengalami hujan angin merata hampir di seluruh Jawa Timur.

"Seperti wilayah Jember, Bondowoso, Lumajang dan juga Probolinggo serta Situbondo," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga diperkirakan akan terjadi hujan angin di wilayah Pasuruan, Malang, Kediri, Blitar, Kota Kediri, Kota Blitar sampai dengan Tulungagung.

"Kondisi ini diperkirakan akan terus meluas ke wilayah Sidoarjo, Surabaya dan juga Mojokerto serta Jombang," katanya.

Ia mengemukakan, dirinya sudah mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat sejak beberapa menit yang lalu supaya masyarakat menjadi lebih waspada dan bisa mengantisipasi terjadinya kemungkinan hujan angin.

"Kami berharap dengan adanya informasi dini masyarakat menjadi lebih peka dan juga lebih waspada akan terjadinya kemungkinan hujan di malam hari," katanya.

Ia menjelaskan, di wilayah Jawa Timur sesuai dengan informasi citra satelit menunjukkan dalam beberapa hari kedepan masih berpotensi terjadi hujan setiap harinya dengan intensitas ringan sampai dengan tinggi pada sore dan juga malam hari.

"Dengan demikian masyarakat bisa mempersiapkan diri, terutama untuk wilayah-wilayah yang lokasinya berada di pegunungan karena bisa berpotensi banjir," katanya.

Di sisi lain, pihaknya sudah menginformasikan terkait perbuatan dini ini kepada pihak Bandara Internasional Juanda supaya lebih waspada untuk jalur penerbangan.

"Namun keputusan terbang atau tidak diserahkan siapa masing-masing pilot. Karena kami tugasnya memberikan peringatan dini kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Sejumlah pohon Surabaya tumbang saat hujan deras

Baca juga: Jawa Timur mulai diguyur hujan

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019