Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil listrik AS, Tesla, menyatakan bahwa sedan Model 3 standar berharga 35.000 dolar (sekira Rp494 juta) sekarang sudah tersedia, setelah sebelumnya produksinya ditunda tidak lama usai diumumkan.

Sedan Tesla Model 3 versi murah ini memiliki jangkaun 220 mil (sekitar 354 km) untuk satu kali pengisian daya baterai, berkecepatan maksimal 209 km per jam, dan mampu berakselerasi dari 0-100 km dalam waktu 5,6 detik, kata Tesla dalam pernyataan resminya, dikutip Jumat.

Meski berbiaya lebih rendah, mobil ini dibuat untuk mencapai peringkat keamanan bintang 5 sempurna yang sama dengan versi jarak jauh, dan diklaim memiliki risiko kecelakaan terendah dari mobil yang pernah diuji pemerintah AS.

Selain versi standar, Tesla juga merilis Model 3 Standard Range Plus yang menawarkan jangkauan 240 mil, kecepatan tertinggi 140 mph, dan akselerasi 0-60 mph dalam waktu 5,3 detik. Model ini dibanderol 37.000 dolar atau setara Rp522 juta.

Dengan harga 6 persen lebih mahal, pembeli Model 3 Standard Range Plus mendapatkan 9 persen lebih keunggulan dibanding Model 3 standar, lebih banyak daya dan interior yang lebih baik.

"Mengalihkan semua penjualan online, dikombinasikan dengan efisiensi biaya berkelanjutan lainnya, akan memungkinkan kami untuk menurunkan semua harga kendaraan rata-rata sekitar 6 persen, untuk mencapai titik harga Model 3 35.000 dolar AS lebih awal dari yang kami harapkan," jelas Tesla.

Mobil listrik Tesla seluruhnya dilengkapi fitur AutoPilot yang memungkinkan mobil beroperasi secara otomatis, meskipun masih tetap ada kendali pengendara di belakang kemudi.

Baca juga: Volvo Polestar 2 digadang-gadang bakal saingi Tesla Model 3
Baca juga: Fitur keamanan "Sentry Mode" Tesla, hidupkan audio bikin panik pencuri

 
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019