Manado (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga mewaspadai gelombang 2,5-4,0 meter yang berpotensi terjadi di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud pada Rabu (27/2) esok.

"Kami berharap masyarakat atau kapal-kapal yang melakukan aktivitas di wilayah yang tercantum dalam daftar peringatan dini ini mempertimbangkan kondisi tersebut," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas Dua Maritim Bitung, Ricky D Aror, di Manado, Selasa.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah perairan seperti Kalimantan Selatan, Laut Sulawesi, utara Sulawesi, Bitung-Manado, Selatan Sulut dan Laut Maluku.

"Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran,"ujar Ricky.

Sedangkan, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama memperkirakan cuaca wilayah Sulut pada 27 Februari 2019 cerah berawan.

Kondisi cuaca seperti itu diperkirakan terjadi di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang, serta Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Selanjutnya, Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), dan Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe), Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro) dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

"Kecepatan angin permukaan dari arah Utara- Timur Laut mencapai 10-30 kilometer per jam," ujar Carisz.*


Baca juga: BMKG sebut gelombang laut maluku capai 4 meter

Baca juga: Dua meninggal akibat kecelakaan laut di perairan Aisau


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019