Gorontalo (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, Jumat, meminta para kepala daerah bersinergi untuk menyukseskan Pemilu 2019.

Saat memberi arahan kesiapan pemilu di Gorontalo, Wiranto mengatakan sinergi wajib dilakukan agar koordinasi berjalan dengan baik dalam menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut.

Ia berharap Provinsi Gorontalo dapat melaksanakan pemilu dengan aman dan lancar dalam setiap tahapan.

Wiranto menambahkan, pemilu harus dijadikan wadah masyarakat berpesta memilih pemimpinnya. Bukan justru larut dalam konflik, berbeda pendapat bahkan "berperang" satu sama lain.

"Tugas saya mengarahkan agar pemilu nanti berjalan aman, tertib sukses. Kalau aman, teman teman dari TNI/Polri bersatu untuk pengamanan. Ketertiban pemilu siapa yang bertanggung jawab? Penyelenggara Pemilu. Suksesnya bagaimana? Kalau pemimpinnya tidak bagus kita gagal menggelar pemilu," ucapnya.

Wiranto juga bicara tentang kinerja Presiden Jokowi dan kabinetnya. Ia menyebut ada semangat kerja yang luar biasa, semangat memperhatikan rakyat kecil serta keberanian untuk keluar dari kotak untuk mendapatkan kemajuan.

Kerja-kerja tersebut mendapatkan penilaian dari berbagai lembaga internasional dunia.

Indonesia juga menjadi salah satu negara teraman ke sembilan di dunia. Kepercayaan masyarakat kepada pemerintahnya nomor satu di dunia, bersama Swiss.

"Indonesia menjadi negara tujuan investasi nomor dua setelah Filipina. Ini yang bicara bukan Pak Wiranto, yang bicara lembaga internasional. Jadi kadang-kadang ini yang tidak disadari oleh bangsa kita sendiri bahwa kita negara besar dan prestasi kita besar," tukasnya.

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019