Pendaftaran SNMPTN sudah ditutup kemarin malam, dan hasilnya sebanyak 478.070 siswa melakukan pendaftaran dan finalsiasi data,
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengatakan sebanyak 478.070 siswa sudah melakukan finalisasi data Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Pendaftaran SNMPTN sudah ditutup kemarin malam, dan hasilnya sebanyak 478.070 siswa melakukan pendaftaran dan finalsiasi data," ujar Ravik di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan jumlah siswa yang akan lulus sebanyak 2.330.433 siswa, sementara yang boleh mendaftar sebanyak 778.891 siswa. Kemudian dari jumlah siswa yang melakukan pendaftaran tersebut, sebanyak 135.801 siswa merupakan siswa Bidikmisi.

Ravik meminta siswa dan sekolah agar menunggu hasil seleksi SNMPTN yang akan diumumkan pada 23 Maret.  

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri dengan kuota berturut-turut minimal 20 persen, minimal 40 persen dan maksimal 30 persen dari daya tampung tiap program studi di PTN.

SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan penelusuran nilai rapor dan portofolio siswa. Dalam aturan SNMPTN yang baru terdapat beberapa aturan yang baru yakni siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Kemudian urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Untuk siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Baca juga: LTMPT sebut tak ada perpanjangan tenggat pendaftaran SNMPTN lagi
Baca juga: Pendaftar SNMPTN tak banyak bertambah jelang tenggat

 

Pewarta: Indriani
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019