KPK jelaskan kepada tiga kepala daerah soal pencegahan korupsi

id KPK, KEPALA DAERAH, PENCEGAHAN, KORUPSI, KHOFIFAH INDAR PARAWANSA, EMIL DARDAK

Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak (Khofifah-Emil) mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Rabu (20/2/2019). (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan kepada tiga kepala daerah yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo soal upaya pencegahan korupsi.

Saat ini, KPK sedang menerima kedatangan Gubernur Jambi Fachrori Umar, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak serta Gubernur-Wakil Gubernur Riau Syamsuar dan Edy Natar Nasution.

"Pimpinan KPK mengucapkan selamat pada kepala daerah yg telah dilantik kemudian menjelaskan rencana KPK tentang upaya pencegahan melalui program Koordinasi dan Supervisi Pencegahan di sejumlah daerah, khususnya tiga daerah yang sedang audiensi saat ini," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu.

Selain itu, kata Febri, lembaganya juga menyampaikan ajakan agar penyelenggaraan pemerintahan dilakukan secara sederhana.

"Bagaimana menghilangkan praktik pelayanan berlebihan terhadap pemerintah pusat jika ada kunjungan ke daerah, penggunaan mobil dinas secara benar dan lain-lain," ucap Febri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak (Khofifah-Emil) dan Gubernur Jambi sisa masa jabatan 2016-2021 Fachrori Umar di Istana Negara pada Rabu (13/2).

Sedangkan, Gubernur-Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024 Syamsuar dan Edy Natar Nasution dilantik pada Rabu (20/2).

Terkait kedatangannya ke KPK, Khofifah menyatakan bahwa hal itu merupakan tradisi dari Kementerian Dalam Negeri untuk bisa berkomunikasi dengan KPK terutama soal pencegahan korupsi.

"Ada tradisi dari Kementerian Dalam Negeri ya untuk bisa mengajak kami berkomunikasi dengan KPK terutama pada tataran "preventive" (pencegahan)," kata Khofifah saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu.

Pewarta : Benardy Ferdiansyah
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar