Pontianak (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Landak menyiapkan 2 ton beras untuk membantu korban banjir yang terjadi di tiga kecamatan yang ada di kabupaten itu.

"Pemerintah Kabupaten Landak mempersiapkan beras sebanyak 2 ton untuk mengantisipasi lonjakan jumlah warga yang mengungsi akibat banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Landak, diantaranya Kecamatan Ngabang, Kuala Behe dan Air Besar," kata Bupati Landak, dr Karolin Margret Natasa di Ngabang, Selasa. 

Menurut dia, sejak tanggal 15 Februari 2019,  bencana banjir yang terjadi di Landak dinaikkan statusnya menjadi tanggap darurat.

Hujan yang terjadi terus menerus dalam sepekan terakhir menyebabkan pemukiman warga terutama yang berada di dekat sungai terendam banjir dan ribuan masyarakat terkena dampak.

"Rencananya juga akan mendapatkan bantuan dari provinsi sebanyak 1 ton," tuturnya.

Selain mempersiapkan beras, Pemkab Landak melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga mempersiapkan sejumlah tempat yang akan digunakan sebagai posko pengungsi, termasuk mempersiapkan kebutuhan lainnya seperti tikar dan selimut.

Sedangkan penanganan untuk mengantisipasi semakin meluasnya wilayah yang terdampak banjir, Bupati Landak memerintahkan sejumlah instansi membersihkan saluran-saluran dan pemeliharaan lingkungan.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Landak, Banda Kolaga mengungkapkan, saat ini pihaknya masih melakukan upaya evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir.

Proses evakuasi ini dilakukan BPBD bersama bersama sejumlah elemen lain seperti Tagana, Pecinta Alam, TNI-Polri dan komunitas masyarakat. "Untuk saat ini pengungsi sementara ditampung di Koramil 11 Ngabang dan BPBD juga mempersiapkan lokasi pengungsian lainnya untuk mengantisipasi lonjakan warga yang mengungsi," ujar Banda.

Berdasarkan pembaruan data hingga Selasa kemarin, jumlah pengungsi yang tercatat dibawah koordinasi BPBD sebanyak 164 jiwa. BPBD juga akan mengerahkan bantuan dapur umum untuk melayani kebutuhan pengungsi apabila terus mengalami peningkatan.

Baca juga: Bantu korban banjir Landak, TNI turunkan satu peleton Yonarmed
Baca juga: BPBD Landak Kalbar lakukan evakuasi korban banjir

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019