Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berhasil mencetak dua gol dalam laga sepak bola persahabatan 125 tahun MH Thamrin untuk memperingati perjuangan tokoh itu yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama Perkumpulan Betawi Kita.

Dalam rangkaian festival bertemakan Jungkir Balik demi Jakarta ini juga digelar laga persahabatan sepak bola antara tim Persija OldStar melawan Tim Gubernur Sekda bersama warga di Lapangan Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ), Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu.

"Alhamdulillah kita mengadakan pertandingan sepak bola di lapangan VIJ, lapangan ini cikal bakal lapangan yang menjadi markas Persija," kata Anies usai bertanding.

Lapangan VIJ dibangun oleh MH Thamrin dan pertandingan ini juga memperingati 125 tahun kelahiran MH Thamrin.

Anies menjelaskan sosok MH Thamrin sebagai sang pejuang yang memiliki kiprah yang besar bukan hanya dalam memperjuangkan kemerdekaan dan melawan ketidakadilan pada masa kolonial, melainkan juga dalam persepakbolaan.

"Beliau (MH Thamrin) seorang pejuang kemerdekaan yang ditakdirkan wafat sebelum kemerdekaan itu terjadi, jadi beliau tidak pernah merasakan Jakarta yang merdeka, tapi kiprahnya jasanya dirasakan sampai dengan sekarang," jelas Gubernur.

Dia juga menegaskan dukungan penuh Pemprov DKI Jakarta dalam kegiatan Festival 125 MH Thamrin ini.

Perkumpulan Betawi Kita dengan penyelenggaraan kegiatan ini kami mendukung sekali, kami berharap ini menjadi momen bagi masyarakat Betawi untuk meneruskan dan mengembangkan kiprah di kancah nasional sebagaimana MH Thamrin," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Anies juga mengumumkan rencana Pemprov DKI Jakarta untuk segera melaksanakan peletakan baru pertama (groundbreaking) stadion besar di Jakarta.

"Sebentar lagi kita akan melakukan groundbreaking stadion untuk kita di Jakarta, ketika itu terlaksana maka perjalanan yang dimulai oleh MH Thamrin dari lapangan VIJ ini nantinya akan menemui babak baru," kata Anies.

Baca juga: Anies-Emil berduka atas tewasnya suporter Persija
Baca juga: Gubernur DKI akan terima tim sepak bola pelajar U-16


 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019