Malang (ANTARA News) - Pelatih tim putra Jakarta BNI 46 Samsul Jais akan merotasi pemain pada dua laga tersisa babak empat besar putaran kedua Proliga 2019 di Malang, Jawa Timur, setelah timnya memastikan lolos ke partai final.

"Kami sudah memastikan lolos final, tentu akan ada rotasi pemain di dua laga selanjutnya, terutama memberi kesempatan pemain-pemain yang jarang diturunkan," kata Jais usai pertandingan melawan Surabaya Bhayangkara Samator di GOR Ken Arok Malang, Jumat.

Menurut dia, strategi ini dijalankan untuk menjaga kondisi fisik pemain utama tetap prima saat menghadapi laga final di Yogyakarta pada pekan depan, sekaligus mengantisipasi pemain kunci dari cedera.

"Bukan berarti pemain utama kami istirahatkan total, tetap akan dimainkan, namun melihat situasi dan kebutuhan tim," tambah mantan pelatih tim nasional bola voli Indonesia di Asian Games 2018 itu.

Jakarta BNI 46 memastikan lolos ke babak final setelah menghempaskan perlawanan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator dengan skor telak 3-0 (25-19, 25-17, 25-19).

Kemenangan itu mengantar Sigit Ardian dan kawan-kawan meraih empat kemenangan beruntun sejak babak "final four" putaran pertama di Kediri, Jatim, pekan lalu, sekaligus kokoh di puncak klasemen sementara dengan nilai 11.

Secara umum, Samsul Jais menilai permainan anak asuhnya selama babak empat besar cukup solid dan bagus. Strategi yang dimainkan di lapangan juga sesuai dengan instruksi pelatih.

"Kuncinya ada di fisik, teknik dan mental. Ketika fisik bagus, para pemain bisa menjalankan taktik dan strategi dengan baik. Tapi, evaluasi tetap kami lakukan, terutama bagaimana menekan kesalahan seperti servis dan `receive` (penerimaan bola pertama)," paparnya.

Menurut ia, bermain maraton selama tiga hari beruntun di babak empat besar membutuhkan kondisi fisik yang prima dan juga mental yang bagus.

Pemain Jakarta BNI 46 Eko Permana Putra menyatakan bersyukur timnya bisa memastikan tiket final Proliga lebih cepat, sehingga dapat lebih fokus menyiapkan diri menghadapi partai perebutan gelar juara pada pekan depan.

"Kami harus tetap fokus dan bisa bermain lebih baik lagi di babak final nanti," ujar pemain yang menjadi "bintang" saat timnya membekuk Surabaya Samator.
Baca juga: tim putra jakarta bni pastikan tiket final proliga
Baca juga: Proliga di Kota Malang bakal hadirkan pertarungan sengit tim besar
Baca juga: Samator wajib sapu bersih laga "final four" di Malang

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019